Selasa, 20 Oktober 2020 16:22

1.857 UMKM di Rohul Terima BLT UMKM Rp 2, 4 Juta, 13 Ribu Lagi Sudah Diajukan

Hampir 2 ribu UMKM di Rohul menerima BLT UMKM Rp 2,4 juta. Sedangkan untuk tahap dua, 13 ribu UMKM diajukan sebagai calon penerima.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Dinas Koperasi, Transmigrasi, Tenaga Kerja ( Diskoptrans Naker) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), telah mengajukan 16 ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai calon penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta dari pemerintah.

Kepala Diskoptrans Naker Rohul Zulhendri, melalui Kepala Bidang Koperasi Diskoptrans Naker Rohul Rokhadi SP, mengatakan pengusulan calon penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta dari empat instansi, yaitu Diskoptrans Naker, Bank BRI, Permodalan Nasional Mandiri (PNM), dan Bank Wakaf Mandiri (BWN).

Pada Mei 2020, ungkap Rokhadi, Diskoptrans Naker Rohul mengajukan sekira 3.000 UMKM, namun yang diterima atau lolos verifikasi dan sudah mendapatkan SK 1.857 UMKM.

Pada Agustus 2020, sambung Rokhadi, Diskoptrans Naker Rohul mengusulkan empat kali UMKM sebagai calon penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta dengan total usulan sekitar 13 ribu UMKM.

"Jadi ditambah bulan Mei dan Agustus, sampai saat ini sudah 16 ribu UMKM yang kita usulkan," ungkap Rokhadi kepada riauterkinicom, Selasa (20/10/2020).

Rokhadi mengaku untuk verifikasi dan penunjukan bukan dilakukan dinasnya, melainkan dari pihak Kementerian Koperasi, sehingga tidak semua usulan disetujui.

"Jadi datanya saja yang kita ajukan," ujarnya.

Diakuinya, sebagian besar pelaku UMKM yang diajukan Diskoptrans Naker Rohul adalah pedagang kuliner dan jasa yang memenuhi persyaratan.

Diskoptrans Naker Rohul, tambah Rokhadi, melalui surat Bupati Rohul, telah mengintruksikan pemerintah desa mendata pelaku UMKM di daerahnya masing-masing, namun ada beberapa desa yang terkesan tidak merespon.

"Alhasil, ada beberapa warga yang datang ke Kantor Diskoptrans Naker Rohul, menanyakan mengapa di desanya tidak ada pendataan UMKM.

"Begitu cair bantuan bulan Mei, ada warga yang datang ke sini dan mereka tidak tahu informasinya," pungkas Rokhadi.***(zal)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang