Sabtu, 17 Oktober 2020 18:43

Ketua DPRD Inhil Ikut Goro Bersihkan Parit di Tembilahan

Tanpa sungkan Ketua DPRD Inhil ikut goro bersihkan anak parit di Tembilahan. Feryandi turut turun ke parit berkobang lumpur.

Riauterkini-TEMBILAHAN, -Walaupun jabatan Ketua DPRD Inhil, Namun bukan menjadi halangan atau hambatan untuk berbaur bersama-sama masyarakat ikut berlobang lumpur melakukan kegiatan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Begitulah yang dilakukan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dr Ferryandi ST MT bersama Kodim 0314/Inhil dan Kapolsek Tembilahan, tanpa sungkan ikut turun bergitong Royong melakukan pembersihan aliran parit di Jalan Pembangunan kelurahan sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan, Sabtu (17/10/2020).

Sebelum melaksanakan gotong royong, Ketua DPRD dan para personil berkumpul di depan rumah warga pada pukul 08:30 WIB melaksanakan doa bersama untuk keselamatan saat melaksanakan kerja bakti.

Personil Kodim 0314/Inhil dan Polsek dalam kesempatan itu juga didampingi Camat, Lurah Sungai Beringin, Seklur Sungai Beringin, dan warga setempat.

Pembersihan parit ini dilakukan karena melihat kondisi kota Tembilahan saat hujan lebat selalu terjadi banjir, untuk itu aliran parit yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan dibersihkan agar airnya bisa mengalir dengan lancar ke sungai .

Ketua DPRD Inhil DR Ferryandi tampak tidak sungkan turun langsung ke dalam parit bersama Anggota Kodim 0314/Inhil sembari mengangkat semak belukar yang sudah bercokol menumbuhi parit yang dapat mengakibatkan parit buntu dan air hujan tergenang banjir.

Terus bekerja dengan penuh semangat gotong royong, untuk membantu warga sama sama ini juga tidak takut akan kondisi badan kotor terkena lumpur.

Ketika diwawancarai Ketua DPRD Inhil H.Feryandi mengatakan ia tak malu untuk melakukan kegiatan gotong royong yang merupakan agenda dari warga dan kebetulan bertepatan hari Sabtu ia menyempatkan diri ikut berpartisipasi bersama warga Sungai Beringin bergotong royong.

" Kenapa mesti dimalukan. Kalau saat Dinas dan dikantor. Ya mungkin, saya Ketua DPRD Inhil. Tapi kalau di luar jam kantor dan dinas. Saya kan juga masyarakat biasa. Jadi hal biasa lah kalau saya turun berlumpur-lumpur ikut masyarakat membersihkan anak parit turun bersama TNI-Polri, Camat dan Lurah serta masyarakat.Sebagai wakil rakyat yang tidak hanya duduk dikursi empuk di DPRD, kita harus menyatu dengan rakyat apa yang dirasakan warga kita rasakan," sebutnya, Sabtu (17/10/2020).

Dewan yang sudah duduk 2 periode ini juga mengatakan parit adalah sumber kehidupan dari segi pertanian semua membutuhkan parit yang bagus, dan dari segi perkotaan tanpa parit yang berfungsi dengan baik mengakibatkan sering terjadi banjir.

Kendati itu, ia menghimbau kepada masyarakat yang berada di dekat parit (di belakang rumahnya parit, red) agar bisa menjaga bersama-sama kebersihan parit dan tidak membuang sampah di dalam parit.

"Trio tata air harus di perhatikan, parit, pintu kelip, tanggul, dari 3 ini satu kesatuan yang harus paling inti," jelas Ferry.

Ferry juga menyatakan jika diri berasal dari anak petani, maka dari itu kebiasaannya dalam bermasyarakat dan turun bersama masyarakat melakukan aktifitas seperti terjun ke parit sudah tidak canggung lagi.

"Saya adalah orang kebun, saya petani, hal demikian sudah terbiasa digigit serangga sudah biasa apalagi pikat," kata ketua DPRD Inhil.

Terkahir Ferryandi menghimbau kepada Camat Tembilahan agar mengaktifkan kegiatan gotong royong secara rutin. "Kalau bisa 3 bulan sekali dilaksanakan gotong royong seperti ini," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tembilahan Ahmad Khusairi mengatakan secara bersama-sama dalam minggu ini mulai dari parit 12,13, 14, dan hari ini melakukan pembersihan di parit 15 sungai beringin dengan mengerahkan seluruh lapisan masyarakat.

"Didukung TNI-Polri terdiri dari kesatuan Kodim 0314/Inhil dan Polres Inhil maupun Polsek Tembilahan," jelasnya.

Di sela sela gotong royong berkahir, Lurah Sungai Beringin, Kurniawan yang ada di lokasi juga ikut mengucapkan terimakasih kepada ketua DPRD Inhil TNI-Polri yang sudah mau datang membantu melaksanakan kegiatan gotong royong bersama membersihkan parit dari tumbuhan liar yang sudah menutupi aliran parit.

"Sejarah yang ada di sungai beringin belum pernah ketua DPRD, TNI dan Polri mau ikut turun bersama masuk dalam parit dan, ini pertama kalinya," ucap Lurah Sungai Beringin.

Sementara Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faisal melalui Kasi Ops Kapten Inf Tarmizi menyampaikan apresiasinya terhadap aktifitas yang dilakukan Ketua DPRD Inhil yang mau turun langsung langsung membersih anak parit dan kepada warga agar kita bersama kembali membudidayakan gotong royong.

" Kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Ketua DPRD Inhil H. Feryandi mau untuk berkobang lumpur ikut membersihkan anak parit. Semoga apa yang dilakukan beliau ini bisa menjadi contoh buat yang lainnya. Agar bisa berbuat hal yang sama. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini " harap Tarmizi***(pto)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang