Kamis, 15 Oktober 2020 18:28

Pemkab Inhu Cairkan Insentif Nakes Covid-19 Sebesar Rp 1,1 Miliar

Sekitar 300 Nakes Inhu segera menerima insentif tiga bulan. Pembayaran yang dilakukan sekaligus ini mencapai Rp 1.136.249.999.

Riauterkini-RENGAT - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mencairkan insentif bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) Covid-19 Inhu, sekitar 300 Nakes Inhu akan menerima insentif tiga bulan sekaligus dengan total nilai yang dicairkan mencapai Rp 1.136.249.999.

Dicairkanya insentif bagi 300 orang Nakes Covid-19 Inhu yang terdiri dari tenaga kesehatan yang bertugas di tingkat Puskesmas, kabupaten hingga tenaga kesehatan yang ada di Rumah Sakit disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu, Elis Julinarti Kamis (15/10/20).

"Hari ini sudah dibayarkan semua, total yang menerima dana insentif tersebut sebanyak 300 orang, dana insentif yang dicairkan sebanyak Rp 1.136.249.999. yang dibayarkan untuk tiga bulan sekaligus, mulai bulan Maret, April, dan Mei 2020," ujarnya.

Diungkapkan Elis Julinarti, sebelumnya pembayaran insentif tenaga kesehatan tersebut sempat terkendala oleh berbagai aturan. Namun setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak, akhirnya anggaran insentif tersebut dapat masuk dalam rencana kerja anggaran (RKA).

Bahkan saat dalam proses, juga ada pemeriksaan rutin dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Walaupun dari BPKP menyarankan agar anggaran insentif tenaga kesehatan tetap diproses. Namun tetap juga diminta rekomendasi dari BPKP.

"Dinkes terus berupaya agar insentif tenaga kesehatan yang tergabung dalam penanganan Covid-19 segera dibayarkan," ungkapnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Inhu, Ibrahim Alimin. Ia menyampaikan pencairan dana insentif tersebut memang butuh proses. Selanjutnya setelah dokumen penganggaran selesai, Dinkes melakukan verifikasi ke BPKP. Kemudian BPKAD membuat Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk dapat dilakukan pencairan.

"Uang itu dari pusat, terus setelah dialokasikan kita masukan ke APBD melalui perubahan penjabaran," jelasnya. * (guh)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang