Kamis, 1 Oktober 2020 17:03

Tak Pakai Masker di Pelalawan Didenda 100 hingga 3 Juta

Pemkab Pelawan mulai terapkan sanksi denda kepada masyarakat yang tidak memakai masker. Perdana dilakukan di dua kecamatan.

Riauterkini-PELALAWAN-Untuk menekan angka penularan covid-19, pemerintah , Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan memulai merapkan sanksi berupa denda denda Rp 100 ribu untuk perorangan tak menggunakan masker dan sanksi administrasi pelaku usaha mulai Rp 500 ribu, Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta yang nantinya uang denda akan dimasukkan ke kas daerah.

Sebagai langkah awal kebijakan ini akan di terapkan di dua kecamatan yaitu Pangkalan Kerinci dan Bandar Sekijang sebagai ujicoba. Selanjutnya 10 kecamatan lainnya.

Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Bandar Seikijang dipilih untuk penerapan sanksi denda pada Senin pekan depan kemudian dilanjutkan hari berikutnya ke Kecamatan lainnya.

Meski masih tahap sosialisasi yang dilakukan Satpol PP bersama TNI/Polri,namun jika kedapatan melakukan pelanggaran baik perseorangan maupun pelaku usaha tetap dilakukan penindakan dengan sanksi berupa push-up dan menyapu," ujar Abu Bakar FE,M.AP Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pelalawan kepada riauterkini Kamis (1/1092020).

Menurutnya, 2 pekan ini masih dalam tahap sosialisasi Peraturan Bupati Pelalawan Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Pelalawan.

Ditambahkannya, dalam Perbub, ada poin penting terkait penerapan protokol kesehatan baik untuk perseorangan maupun badan usaha. Jika pekan depan masih ditemukan adanya pelanggaran, maka akan dijatuhi sanksi, dengan sidang ditempat.

"Adapun sanksi anksi perorangan akan diterapkan secara bertahap. Pertama berupa teguran secara lisan dan tertulis, kemudian kerja sosial. Jika masih melanggar akan diberikan sanksi administratif dan penyitaan kartu identitas," ujarnya..

Selanjutnya untuk sanksi badan usaha juga diberikan secara bertahap. Dimulai teguran lisan atau tertulis. Kemudian denda administrasi, selanjutnya penghentian sementara operasional usaha dan terakhir pencabutan izin usaha. "Untuk sanksi administratif perorang ini, berupa denda Rp 100 ribu.Sanksi administrasi badan usaha berupa denda. Mulai Rp 500 ribu, Rp 1,5 Juta dan ketiga Rp 3 Juta yang nantinya uang denda akan dimasukkan ke kas daerah," terang Abu Bakar.*( Cho)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang