Kamis, 1 Oktober 2020 13:16

Korupsi Jalan, Mantan Bupati Bengkalis Dituntut 6 Tahun Penjara

Mantan Bupati Bengkalis Amril Mukminin dituntut 6 tahun penjara. Dinyatakan jaksa bersalah dalam perkara korulsi proyek jalan.

Riauterkini-PEKANBARU -Amril Mukminin, Bupati Bengkalis nonaktif yang menjadi pesakitan di pengadilan tipikor Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru dalam perkara dugaan suap proyek Jalan Duri - Sei Pakning di Kabupaten Bengkalis. Dinyatakan jaksa terbukti secara sah melakukan perbuatan yang melawan hukum.

Amril yang didakwa menerima suap sebesar Rp 5,2 miliar oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dituntut hukuman pidana penjara selama 6 tahun.

Berdasarkan amar tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut, Feby Dwi Andospendy, pada sidang yang digelar secara dari Kamis (1/10/20) siang itu. Amril mukminin terbukti melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

" Menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun denda Rp 500 juta subsider 6 bulan," ucap JPU dalam sidang yang dipimpin majelis hakim Lilin Herlina.

Atas tuntutan tersebut, Amril Mukminin melalui kuasa hukumnya berencana akan mengajukan pledoi.

Berdasarkan dakwaan, Amril Mukminin disebut menerima uang dengan nilai dan sumber berbeda. Diantaranya Rp5,2 miliar dari PT CGA. Selain itu, Amril Mukminin pernah menerima uang ketok palu pengesahan APBD Kabupaten Bengkalis TA 2013. Uang itu disebut sebut sebagai pengesahan untuk pengerjaan 6 paket kegiatan multiyears, termasuk proyek pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning.***(har)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang