Rabu, 30 September 2020 15:59

Ribuan UMKM di Bengkalis Ajukan Bantuan Terdampak Covid-19

Ribuan UMKM mengajukan permohonan bantuan terdampak Covid-19. Dari data Diskop UMKM diinput sebanyak 5.980 unit dan direalisasikan 878 unit.

Riauterkini-BENGKALIS- Sebanyak 5.980 unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis telah mengajukan bantuan stimulus terdampak pandemi Covid-19. Jumlah tersebut berdasarkan data yang diinput oleh Dinas Koperasi dan UMKM.

Sedangkan yang sudah direalisasikan atau dicairkan ke unit usaha kecil-kecilan itu sebanyak 878 unit usaha. Bantuan yang diterima dari Program Pemerintah Pusat ini masing-masing UMKM menerima sebesar Rp2.400.000.

"Kriterianya ada unit usaha, tempat usaha, jenis usaha, izin usaha dari pejabat yang berwenang. Untuk proses verifikasi di lapangan dalam program ini, bukan kewenangan kami dan kami hanya menerima berkas yang diajukan serta mendata usulan dari UMKM atau masyarakat lalu selanjutnya diteruskan ke pemerintah pusat," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis, Nurminsyah ketika dikonfirmasi riauterkini.com, Rabu (30/9/20) siang.

Dijelaskan Nurminsyah, permohonan yang diajukan oleh masyarakat secara manual disampaikan ke Dinas Koperasi UMKM itu juga belum diketahui pasti batas akhir penutupannya, termasuk besaran alokasi dana atau kuota UMKM yang diterima.

"Batas waktu berakhir dan jumlah kuotanya belum dapat kami sampaikan atau jawab. Kemungkinan dalam waktu dekat ini bisa diketahui, karena anggarannya dari pemerintah pusat," katanya lagi.

Ditambahkan Nurminsyah, posisi Diskop UMKM menurutnya hanya sebagai "penampung" usulan masyarakat, termasuk tidak ada kewenangan campur tangan dalam pencairan ke rekening bank masing-masing UMKM.

"Bantuan UMKM terdampak pandemi Covid-19 diharapkan menjadi stimulus dan penyemangat bagi usaha kecil terpuruk akibat pandemi Covid-19 dan tepat sasarannya," harapnya.***(dik)

Foto : Plt. Kepala Dinas Koperasi UMKM Bengkalis, Nurminsyah.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang