Rabu, 30 September 2020 13:49

Tak Sesuai PKPU, Bawaslu Tertibkan Baliho Peserta Pilkada Inhu

Sejumlah alat peraga pasangan peserta Pilkada dibongkar Bawaslu Inhu. Melanggar PKPU.

Riauterkini-RENGAT-Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menertibkan baliho Pasangan Calon (Paslon) peserta Pilkada Inhu 2020, penertiban dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan yang ada di Inhu. Baliho yang ditertibkan tersebut dinilai tidak sesuai PKPU.

Penertiban baliho Paslon peserta Pilkada Inhu 2020 secara serentak di seluruh kecamatan yang ada di Inhu dilakukan mulai hari ini, sebagaimana disampaikan Ahmad Khaerudin Komisioner Bawaslu Inhu, Rabu (30/9/20) kepada riauterkinicom melalui selulernya.

"Secara serentak, bukan hanya se Inhu, penertiban baliho ini juga dilakukan secara serentak se Riau," ujarnya.

Pemasangan baliho Paslon peserta Pilkada Inhu 2020 saat ini memang sudah diperbolehkan, namun baik desain dan ukuranya harus sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam PKPU dan selanjutnya di daftarkan ke KPU.

"Karena APK itu desain dan ukurannya harus mengikuti ketentuan di PKPU , sekarang sudah boleh di pasang asalkan desainnya sudah di daftarkan ke KPU ukuran dan jumlahnya tidak melebihi ketentuan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, ukuran dan jumlah baliho sebagai Alat Peraga Kampanye (APK) bagi Paslon peserta Pilkada 2020 sudah diatur dalam PKPU no 11 tahun 2020 pasal 28 dimana baliho paling besar ukuran 4 (empat) meter x 7 (tujuh) meter, paling banyak 5 (lima) buah setiap Pasangan Calon untuk setiap kabupaten/kota.

Untuk billboard atau videotron paling besar ukuran 4 (empat) meter x 8 (delapan) meter, paling banyak 5 (lima) buah setiap Pasangan Calon untuk setiap kabupaten/kota dan umbul-umbul paling besar ukuran 5 (lima) meter x 1,15 (satu koma lima belas) meter paling banyak 20 (dua puluh) buah setiap Pasangan Calon untuk setiap kecamatan; dan/atau spanduk paling besar ukuran 1,5 (satu koma lima) meter x 7 (tujuh) meter, paling banyak 2 (dua) buah setiap Pasangan Calon untuk setiap desa atau sebutan lain/kelurahan.

Dalam PKPU tersebut juga ditegaskan, Pasangan Calon atau Tim Kampanye melaporkan secara tertulis kepada KPU untuk ukuran, jenis, dan jumlah Alat Peraga Kampanye yang dicetak. *** (guh)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang