Senin, 28 September 2020 21:38

Bunda PAUD Inhil Jadi Pembicara Utama Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 3

Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Riau buka Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 3 di Inhil. Bunda PAUD Zulaikhah Wardan menjadi keynote speaker dalam acara tersebut.

Riauterkini- TEMBILAHAN,-Bunda PAUD Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME menjadi Pembicara Utama (Keynote Speaker) dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 3, Senin (28/9/2020).

Seminar online ini dilakukan melalui Zoom di Studio Televisi Lokal (Gemilang Televisi), Kompleks Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan.

Sebelum Webinar dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Riau, Akhyar SPd MPd, para peserta menyaksikan video penjelasan tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan anak laki-laki dan perempuan, serta peran orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Hal-hal yang dibahas dalam Webinar ini ialah Media Bermain yang Menyenangkan bagi Anak Usia Dini selama Belajar Dari Rumah. Webinar ditayangkan pula secara langsung di channel youtube BP PAUD dan Dikmas Provinsi Riau.

Dalam penjabarannya, Zulaikhah menyebut usia dini ialah masa golden age bagi anak. Apabila anak diberi stimulan secara intensif dari lingkungan, maka anak dapat menjadi pribadi yang baik. PAUD adalah salah satu wadah bagi anak untuk mengeksplor dirinya dalam bermain.

"Meski demikian, yang paling menentukan keberhasilan anak ialah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang kondusif mempengaruhi perkembangan sosialisasi, kreativitas, moral, dan peningkatan kapasitas diri dalam ukuran mendekati kesempurnaan." Jelas Bunda PAUD

Dikatakannya, pendidikan keluarga yang benar menjadi modal utama membentuk anak menjadi bertanggung jawab, percaya diri, menghargai perdamaian, tumbuh rasa cinta, kejujuran, toleransi, kesederhanaan, dan persatuan.

" Masa pandemi Covid-19 merupakan masa yang sulit. Zulaikhah mengaku menyadari bahwa reaksi emosional orangtua menjadi lebih tinggi, karena orangtua telah lelah bekerja seharian dan harus mengajari anak, apalagi jika anak yang didampingi lebih dari satu orang." tambahnya

Bagi Ibunda Kabupaten Inhil ini, ada dua hal yang harus dilakukan orangtua selama mendampingi anak belajar dari rumah, yaitu sabar dan ikhlas, sebagaimana Firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 154 dan QS Al Insyirah ayat 6.

Dirinya yakin, pasti ada hikmah besar di balik pandemi ini, salah satunya ialah makin dekat dan akrabnya para anggota keluarga karena banyaknya waktu di rumah. *(pto)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang