Senin, 28 September 2020 15:10

Ribuan Ekor Hewan Rentan Tertular Rabies di Bengkalis Sasaran Suntik Vaksin

Seribuan ekor hewan penular virus rabies di Bengkalis sasaran vaksin petugas Keswan. Pemberian vaksin itu diharapkan menangkal virus mematikan.

Riauterkini-BENGKALIS- Sudah sekitar seribuan hewan penular dan rentan terhadap virus rabies di Kabupaten Bengkalis menjadi sasaran Petugas Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis pemberian vaksin sejak beberapa hari ini.

Dalam rangka Hari Anti Rabies Sedunia bertepatan 28 September, petugas akan melaksanakan vaksinasi anti rabies terhadap hewan-hewan peliharaan yang ada di sembilan kecamatan.

Kepala Distan Bengkalis H. Tarmizi, S.P, M.Si melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) Bidang Peternakan dan Keswan, drh. H.M. Mardani menyebutkan, hewan-hewan penular dan rentan virus rabies di sembilan kecamatan yang vaksinasi yakni Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukitbatu, Siakkecil, Bandar Laksamana, Mandau, Pinggir, Talang Muandau dan Kecamatan Bhatin Solapan.

"Vaksinasi di pusatkan di desa-desa yang prioritas memiliki populasi hewan penularan rabies seperti hewan anjing yang sangat tinggi dan juga di daerah dengan  kasus gigitan yang di konfirmasikan ke petugas," ungkap Mardani saat dihubungi riauterkini.com, Senin (28/9/20).

Dokter Hewan yang akrab disapa Hani ini menambahkan, penyuntikan vaksin juga dilakukan di posko yang sudah ditetapkan, petugas akan mendatangi rumah-rumah penduduk dan melihat apakah ada memelihara hewan yang rentan tertular rabies seperti anjing, kucing dan kera atau tidak?.

"Untuk pulau Bengkalis dan Bantan dilakukan di seluruh desa sejak 26 September, disiapkan 700 vaksin dan petugas mendatangi rumah masyarakat. Sampai hari ini sudah ada sekitar 1.000 lebih ekor yang divaksin seluruhnya," katanya lagi.

Kesempatan ini, Hani juga mengimbau, bagi masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan rawan tertular rabies agar berperan aktif untuk memberikan vaksinasi dari petugas dimulai 26-29 September 2020.

"Petugas akan mendatangi rumah untuk di Pulau Bengkalis dan Bantan sedangkan yang kecamatan lainnya sudah ada titik kumpul atau posko yang sudah disiapkan," ujarnya.

Tema Hari Anti Rabies tahun ini adalah kolaborasi berkualitas,  vaksinasi tuntas, rabies bebas, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan dapatkan vaksinasi.***(dik)

Foto : Petugas Keswan Distan Bengkalis suntik vaksin anti rabies terhadap seekor anjing.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang