Kamis, 24 September 2020 10:43

Pencabutan Nomor Urut Paslon, KPU Lakukan Pembatasan Awak Media

Awak media dibatasi dalam peliputan tahapan pencabutan nomor urut Paslon Pilkada Bengkalis. Ketentuan itu menurut KPU untuk mematuhi protokol kesehatan.

Riauterkini-BENGKALIS- Sejumlah awak media merasa kecewa dengan adanya kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis melarang dan membatasi peliputan awak media selama proses pencabutan nomor urut pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada Bengkalis 2020, Kamis (24/9/20) pagi.

Kekecewaan sejumlah awak media tersebut muncul karena tidak adanya pemberitahuan terkait kebijakan KPU terhadap pembatasan itu.

Seperti diungkapkan salah satu wartawan Riau Pos, Erwan Sani, menurutnya jika ada pembatasan seharusnya ada pemberitahuan terlebih dahulu.

"Kita memaklumi apabila dijalankan protokol kesehatan dan adanya pembatasan media. Namun, seharusnya ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada awak media yang aktif meliput kegiatan KPU. Karena kami bertanggungjawab pada media masing-masing bukan organisasi," ungkap Erwan.

Dengan kebijakan itu, sejumlah awak media yang biasa meliput kegiatan di KPU hanya bisa berada di luar pagar kantor.

Komisioner KPU, Feri Herlinda menjawab kekecewaan sejumlah awak media menyatakan dalam aplikasi, "maaf bapak ibu, bukan kami tak membolehkan masuk, tapi aturannya yang melarang kerumunan. Nanti foto-foto akan kami kirim, ya rekan-rekan," ucapnya.

Informasi dirangkum, pencabutan nomor urut berlangsung di Kantor KPU hadir yang pertama Paslon Kasmarni-Bagus Santoso, kemudian Paslon Abi Bahrun-Herman, lalu Paslon Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunthe dan terakhir masuk Paslon Kaderismanto-Sri Barat alias Iyeth Bustami.

Hingga berita ini diterbitkan proses rapat pleno pencabutan nomor urut Paslon masih berlangsung. Sementara itu, akses jalan di depan Kantor KPU ditutup sementara.

Polres Bengkalis mengerahkan sedikitnya 75 personel dan aparat TNI lakukan pengamanan serta turut disiagakan water canon.***(dik)

Foto : Petugas keamanan bersiaga di depan pintu pagar KPU Bengkalis, Kamis (24/9/20).

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang