Selasa, 22 September 2020 19:23

5.701 Kasus, Lemahnya Kesadaran Protokol Kesehatan Sebabkan Kasus Cobid Meningkat

Kasus covid di Riau terus meningkat. Kadiskes sebut diantaranya disebabkan belum maksimalnya menjalankan protokol kesehatan.

Riauterkini - PEKANBARU - Kasus covid-19 di Provinsi Riau terus melonjak. Tambahan 253 kasus hari ini, maka total kasus terkonfirmasi di Riau berjumlah 5.701 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir saat dikonfirmasi menyebutka, tingginya kasus covid-19 di Riau diantaranya disebabkan masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan.

"Ini penting. Memakai masker misalnya. Dengan memakai masker tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi orang lain juga," kata Kadiskes Riau, Selasa (22/9/20).

Kesadaran dalam hal memakai masker, langkah dasar dalam upaya pencegahan penularan dari virus yang telah banyak memakan korban meninggal di berbagai negara termasuk Indonesia.

Kemudian peningkatan kasus terkonfirmasi juga disebabkan transmisi dari pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dari rumah yang dipandang tidak efektif. Pasalnya, banyak pasien yang melakukan isolasi mandiri masih mengabaikan protokol kesehatan.

"Ini juga faktor meningkatnya kasus. Mungkin merasa tak ada mengawasi. Karena itu, yang diharapkan jangan abaikan protokol kesehatan," ungkap Mimi.

Lebih lanjut, Mimi juga tak menampikan adanya kesadaran masyarakat untuk melakukan swab mandiri di rumah sakit swasta juga menjadi faktor meningkatnya kasus terkonfirmasi. Diantaranya dilakukan untuk persyaratan dari perjalanan bisnisnya dan murni untuk mengetahui kondisi fisiknya.

Berikutnya karena gencarnya kegiata swab massal di kantor pemerintahan baik provinsi mau pun kabupaten kota. Hal itu tidak lain bertujuan untuk melakukan tracking contact dari pasien-pasien positif sebelumnya.

"Kalau kegiatan swab gencar dilakukan, tentu semakin banyak kasus terungkap. Dan inikan tidak hanya provinsi, tapi kabupaten kota juga," ujar Mimi.

Ada pun untuk rincian 5.701 kasus terkonfirmasi covid-19 dengan rincian isolasi mandiri 2.408 orang, rawat di rumah sakit 860 orang, sembuh 2.327 orang dan 106 meninggal dunia.

Kemudian suspek yang telah melakukan isolasi mandiri berjumlah 9.737 orang, isolasi di eumah sakit berjumlah 194 orang. Selesai isolasi berjumlah 17.907 orang, meninggal dunia berjumlah 72 orang.

"Total Suspek berjumlah 27.910 orang. Sementara spesimen diperiksa berjumlah 1.382 sampel dan jumlah orang di periksa berjumlah 1.113 orang," papar Mimi.

Sementara kabar baiknya, terdapat penambahan 134 pasien covid-19 hari ini dinyatakan sembuh.***(mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang