Ahad, 20 September 2020 05:55

Tersesat ke Sungai Pelalawan, Ikan Pesut Dievakuasi Tim BBKSDA Riau ke Muara

Tim BBKSDA Riau mengevakuasi Ikan Pesut dari Sungai Segati Pelalawan. Mamalia air itu ternyata tak tau jalan pulang ke muara.

Riauterkini-PELALAWAN- Ikan Pesut (Lumba-lumba air tawar) yang muncul di perairan Sungai Segati, Langgam, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (19/9/20) akhirnya dievakuasi tim BBKSDA Riau.

Sebelumnya kemunculan ikan ini sempat menarik perhatian warga setempat, sebab ikan jenis ini termasuk langka dan juga "Cantik". Sehingga setiap warga yang menyaksikan kemunculannya selalu mengabadikan dengan camera handphone mereka.

Kabid KSDA wilayah I Riau Andre Hansen Siregar, kepada Riauterkini.com Sabtu ( 19/9/20) membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan evakuasi terhadap si Pesut yang muncul di perairan Sungai Segati Kecamatan Langgam.

"Ya kita bersama teman-teman dari Animal Aid Network (Tim Dolphin Project) dari Jakarta, BPSPL (Balai Sumber Daya Pesisir dan Laut) dan Tim BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Riau, melakukan evakuasi terhadap ikan pesut yang diduga tersasar," ujarnya.

Lanjut Hansen, ikan pesut yang dievakuasi tersebut berada dalam keadaan sehat dan diduga kemunculannya di Sungai Segati akibat terpisah dari kawanannya.

"Kebiasaannya, ikan spesies ini tidak mau berenang sendiri. Jadi ikan ini bisa saja terpisah dari kawanannya, masuk ke Sungai Segati, tersasar sehingga tak tau jalan pulang," tambahnya.

Setelah berhasil ditangkap petugas, ikan pesut ini dilepaskan kembali ke Sungai Kampar dan berharap bisa kembali menemukan kawanannya.

Di tempat terpisah, kapolsek Langgam Ipda Fadli Strk membenarkan ada kegiatan pengevakuasian ikan pesut itu.

"Pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020 sekira pukul 09.00 WIB telah dilakukan pengevakuasian ikan pesut yang terdampar di Sungai Segati oleh tim BBKSDA di Desa Segati," kata Kapolsek*** (Cho)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang