Sabtu, 19 September 2020 01:42

Zulaikhah Wardan Gelar Pertemuan Bersama Seluruh Pengurus FKKS Inhil

Pemkab Inhil terus lakukan persiapan jelang lomba KKS. Untuk ke tiga kalinya Zulaikhah Wardan rapat bersama seluru pengurus FKKS bahas langkah-langkah yang dilakukan.

Riauterkini-TEMBILAHAN,- Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, selaku Ketua Forum Kabupaten/ Kota Sehat (FKKS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pertemuan dengan seluruh pengurus FKKS Kabupaten Inhil, Jumat (18/9/2020) petang.

Pertemuan tersebut membahas tentang struktur organisasi, definisi FKKS, tugas-tugasnya, serta teknis lomba Kabupaten/ Kota Sehat (KKS), di mana Kabupaten Inhil baru pertama kali mengikuti lomba KKS ini.

Untuk memulai Program KKS yang baik diawali dengan membentuk kelembagaan, menentukan masalah prioritas di masyarakat, mengidentifikasi kegiatan pemerintah yang berbasis masyarakat, serta melihatnya unsur masyarakat (forum) dalam program pemerintah berbasis masyarakat.

Komponen yang harus ada pada Program KKS adalah tim pembina teknis, FKKS, forum komunikasi kecamatan, dan pokja kelurahan/ desa.

"Hari ini merupakan pertemuan ketiga kali. Kemaren kita pertama pertemuan sosialisasi, kemudian rakoor di Bappeda," ujar Zulaikhah, selaku pimpinan rapat.

Menurutnya, KKS adalah program terintegrasi yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan. Dalam realisasinya tidak semua kecamatan wajib diikutsertakan lomba.

"Mengikuti KKS ini untuk tahun 2021 tidak semua kecamatan diikutkan lomba, di Kabupaten Inhil ada 11 kecamatan yang dipilih. Kemudian di dalam kecamatan dihitung jumlah kelurahan dan desanya, lalu dipilih kelurahan dan desa yang diikutkan lomba," terangnya.

Kepada para Camat, imbuhnya, harus mendata kelurahan dan desa yang akan diikutsertakan dalam lomba, setelah itu menghimpun indikator penilaian.

Sedangkan para pengurus, diharapkan untuk berpartisipasi sebagai mitra pemerintah untuk mewujudkan kabupaten sehat.

"Kita sudah difasilitasi oleh Dinas Kesehatan, tinggal kita lagi memaksimalkan kinerja kita. Untuk sekretariat harus ada operator. Jadi perlu kerjasama berbagai pihak agar forum dapat berjalan," tutur Ibunda Kabupaten Inhil ini.

Sebagai kabupaten pemula, Inhil wajib mewujudkan 2 tatanan. Yaitu tatanan pertama dan tatanan ke delapan. Tatanan yang pertama adalah kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum sehat. Tatanan ke delapan ialah kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. *(Adv/pto)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang