Rabu, 9 September 2020 13:01

Bupati Kuansing, Himbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur untuk Pertanian

Masih banyak lahan tidur di Kuansing. Karena itu, Bupati Mursini ajak masyarakat memanfaatkannya untuk bertani.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Bupati Kuansing, Drs. H. Mursini, M.Si menyeru masyarakat supaya memanfaatkan lahan tidur untuk diolah menjadi lahan pertanian.

Seruan itu disampaikan Bupati saat melakukan panen raya bawang merah di dusun remaja desa Pasar Baru, Kecamatan Pangean bersama unsur upika dan para kades setempat, Rabu (9/9/2020).

"Saya mengajak kita semua supaya bisa mengolah lahan tidur untuk memenuhi kebutuhan makanan, maka dari itu saya menghimbau para mustahik agar bersemangat sehingga ke depan bisa menjadi muzaki," ajak bupati.

Pemanfaatan lahan tidur kata bupati akan dapat menciptakan usaha produktif di bidang pertanian, seperi bawang merah cabe serta jenis sayur - sayuran lainnya, sehingga akan dapat menopang perekonomian bagi pelakunya.

Setidaknya kata bupati bisa memenuhi kebutuhan individu untuk skala kecil dan skala besarnya bisa memenuhi ketersediaan bahan pokok di daerah.


Bidang pertanian khususnya sayur mayur menurut bupati juga tak kalah pentingnya berperan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat, seperti yang telah dilakukan Kelompok Tani Remaja Mekar.

"Usaha Kelompok Tani Remaja Mekar ini skalanya sudah cukup besar, tentunya akan dapat memenuhi ketersediaan di kebutuhan sayur di Pangean, khususnya dan secara umum di Kuansing," kata Bupati.

Menurut bupati Kelompok Tani Remaja Mekar, terbilang cukup berhasil dalam membudidayakan bawang merah, dengan jumlah panen yang tak sedikit, itu menandakan petani Pangean, tak kalah bagusnya dibandingkan dengan petani daerah lain.

"Ini perlu dipertahanakan, jika perlu terus ditingkatkan," ucap bupati.

Terakhir bupati berpesan untuk selalu menjaga kemanan ketertiban di negeri ini karena tak lama lagi Kuansing, akan melaksanakan Pilkada serentak.

Diketahui usaha pertanian Kelompok Tani Remaja Mekar ini, merupakan program Baznas Kuansing, dengan nama program Baznas ekonomi kreatif.

Ustadz Darwis, selaku pengurus Baznas Kuansing, pada kesempatan panen raya bawang merah ini menyebutkan, bahwa Baznas siap bermitra dengan para Kelompok Tani yang ada di Kuantan Singingi dan siap melanjutkan program ekonomi produktif di masa yang akan datang.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang