Kamis, 27 Agustus 2020 17:40

Pasca Ikuti ANPK Diprakarsai KPK, Pemkab Rohul Konsisten Laksanakan Stranas PK

Pemkab Rohul juga sudah berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan korupsi. Pasca ANPK yang diprakarsai KPK, Pemkab konsisten melaksanakan Stranas PK.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Upaya meneguhkan kembali komitmen semua pemangku-kepentingan dan penyampaian apresiasi kepada instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dinilai berhasil menjalankan beberapa dimensi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selaku Koordinator Sekretariat Nasional Stranas PK menggelar Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) pada Rabu (26/8/2020) ditayangkan melalui akun Youtube KPK.

Melalui kegiatan ANPK secara Nasional tersebut, Pemkab Rokan Hulu (Rohul), Riau, juga menyatakan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan korupsi tersebut.

Pada rangkaian wicara ANPK di Pemkab Rohul di Aula Kantor Inspektorat Rohul, Rabu (26/8/2020), dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, Inspektur Inspektorat Rohul Helfiskar SH, MH, Kadisnakbun Rohul CH Agung Nugroho STP, dan Kepala OPD terkait.

Sekda Kabupaten Rohul Abdul Haris, usai mengikuti ANPK menerangkan setelah mengikuti kegiatan, selanjutnya bagaimana pemerintah daerah melalui program dilaksanakan membuat sistem dan melaksanakan regulasi dalam mencegah terjadinya penyimpangan. Diakuinya, program tersebut juga sudah konsisten dilakukan Pemkab Rohul dalam melaksanakan Stranas PK yang diprakarsai KPK.

"Dari kegiatan ANPK ini bagaimana pemerintah (daerah) melalui program-program dilaksanakan untuk membuat sistem-sistem yang nantinya bisa dijalankan bersama, sehingga nanti bisa mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan, baik di pemerintah maupun lembaga lain," jelas Sekda Rohul.

Abdul Haris menambahkan, ada beberapa fokus dari kegiatan ANPK diprakarasi KPK tersebut, yaitu bagaimana instansi pemerintah melakukan program kerja yang baik, salah satunya seperti seluruh instansi pemerintahan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk menyalurkan subsidi dan bantuan.

"Sehingga nanti program tersebut tepat sasaran, termasuk tadi kita melihat dari Kementerian Pertanian, BPJS memanfaatkan NIK, dan ini tentunya juga sudah dilakukan di Pemkab Rokan Hulu, termasuk untuk membantu masyarakat baik pemberian subsidi maupun bantuan," ungkap Sekda.

Sekda Rohul mengatakan ada beberapa fokus dari kegiatan ANPK sesuai bidang yang rentan terjadinya penyimpangan. Tujuannya adalah bagaimana melaksanakan pemerintahan yang baik, sehingga keberhasilan-keberhasilan yang sudah dilakukan menjadi masukan bagi Pemkab Rohul.

"Seperti fokus di bidang Pertanian merupakan program Kementerian Pertanian, bagaimana penyaluran bantuan dari kementerian berbasis NIK dengan tujuan bantuan tepat sasaran, karena sudah melalui verifikasi Adminduk dengan berbasis NIK," pungkas Sekda Rohul, Abdul Haris.

Masih di tempat sama, Inspektur Inspektorat Kabupaten Rohul, Helfiskar, mengatakan kegiatan ANPK Pencegahan Korupsi membahas beberapa bidang dengan tujuan penguatan kembali dalam mewujudkan Pemerintahan yang baik dan bersih.

"Kegiatan hari ini ada program dari KPK terkait dengan pencegahan korupsi yang dibuka Pak Presiden. Ada lima sesi yang dibahas dan harus kita ikuti, tentu ini terkait dengan kebutuhan OPD, jadi dipilih OPD terkait dari lima sesi tersebut," ujarnya.

Helfiskar mengungkapkan lima sesi tersebut meliputi terkait penggunaan NIK, pendistribusian bantuan-bantuan menggunakan NIK. Sesi kedua mengenai e-Katalog terkait dengan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan keuangan desa, perizinan pelayanan terpadu dan terkait reformasi birokrasi.

Ada beberapa OPD terkait topiknya yang disiapkan oleh KPK sebagai penguatan. Dari beberapa sesi, Pemda wajib melaporkan secara berkala kepada KPK yakni setiap tiga bulan, seperti perizinan, barang dan jasa, dan lainnya.

"Seperti perizinan serta barang dan jasa kita laporkan secara berkala, dan itu telah berjalan sebenarnya. Jadi program ini sebagai penguatan saja yang konsisten kita laksanakan demi mewujudkan pemerintahan yang bersih," pungkas Inspektur Inspektorat Kabupaten Rohul, Helfiskar.***(Adv/ Pemkab Rohul)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang