Jum’at, 21 Agustus 2020 09:15

Kukerta Mahasiswa UNRI Edukasi Warga Wonosari, Inhu

Sejumlah Mahasiswa Universitas Riau melakukan Kunkerta di Wonosari, Inhu. Mereka memberi edukasi masyarakat.

Riauterkini-RENGAT-Bertajuk pulang kampung, mahasiswa Kukerta UNRI melakukan edukasi kepada warga Desa Wonosari di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tentang pentingnya pengolahan sampah menjadi produk unggulan yang bermanfaat seperti Pupuk Organik Cair (POC). Selain itu warga juga diajak hidup sehat menghadapi Pandemi Covid-19 dengan mengkonsumsi jamu yang diproduksi sendiri.

Edukasi terhadap warga Desa Wonosari, Kecamatan Lirik, Inhu yang dilakukan Kukerta UNRI merupakan program kerja pendukung dari upaya ketahanan pangan, sebagaimana disampaikan Adebi Fitriani Simamora kepada riauterkinicom Kamis (20/8/20).

"Kegiatan ini merupakan program kerja pendukung dari upaya ketahanan pangan, sekaligus edukasi kesehatan dimasa new normal," ujarnya.

Kukerta mahasiswa UNRI yang dipimpin Rahmat Arbadilah Damanik memberikan edukasi pentingnya melakukan pengolahan limbah rumah tangga untuk dijadikan POC, mengingat bahan baku yang mudah didapatkan serta minimnya biaya produksi yang dikeluarkan dalam pengolahan POC tersebut.

"Warga Desa Wonosari terlihat begitu antusias dalam pembuatan POC dengan memanfaatkan sampah organik rumah tangga, dimana POC tersebut dapat dijadikan sebuah produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan serta dapat mendukung kegiatan pertanian organik. Tim kukerta Balek Kampung UNRI berharap POC ini dapat bermanfaat bagi warga desa di Desa Wonosari dan dapat menjadi sumber penghasilan serta dapat menunjang pertumbuhan tanaman pangan masyarakat," ungkapnya.

Selain melakukan edukasi dengan memberikan tata cara pembuatan POC, Kukerta UNRI yang digelar dari 11 Juli hingga 13 Agustus 2020 ini juga melakukan edukasi kesehatan dimasa new normal dan membagikan jamu immune booster secara gratis sekaligus pemberian brosur info seputar Covid-19.

"Dalam kegiatan tersebut, kami juga memberikan edukasi tentang kesehatan dimasa new normal, dimana selain selalu mematuhi protokol kesehatan kami juga memberikan pengetahuan tentang peningkatan imune tubuh dengan mengkknsumsi jamu yang bisa diproduksi sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan disekitar kita," tambahnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Mugiono Kades Wonosari Kecamatan Lirik, Inhu kepada riauterkinicom Kamis (20/8/20) mengapresiasi Kukerta Mahasiswa UNRI yang telah memberikan edukasi ditengah warga masyarakat Desa Wonosari.

"Kehadiran adik-adik mahasiswa Kukerta UNRI ditengah warga masyarakat Wonosari, Lirik Inhu sangat bermanfaat. Selain dapat mengedukasi tentang pembuatan pupuk cair juga mengedukasi tentang peningkatan imune tubuh dalam menghadapi Covid-19 dengan mengkonsumsi jamu. Sekaligus memberikan tata cara pembuatan jamu tersebut, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan adik-adik Kukerta UNRI tersebut," jelasnya. *** (guh)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang