Senin, 17 Agustus 2020 16:59

Peringatan HUT RI ke-75 Secara Virtual, Bupati Rohul Ajak Generasi Muda Mengisi Kemerdekaan

Pada momen HUT RI ke-75, Bupati Rohul mengajak segenap generasi muda ikut mengisi kemerdekaan dengan pembangunan fisik dan moral, serta menghargai jasa para pahlawan.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman mengharapkan perjuangan para Pahlawan saat merebut kemerdekaan harus menjadi cerminan bagi generasi muda. Walau berbeda suku, agama dan ras, namun generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan fisik maupun moral.

Demikian disampaikan Bupati Rohul Sukiman usai mengikuti peringatan HUT RI ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020) yang dilaksanakan secara virtual, di Pendopo rumah dinas Bupati Rohul di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Bupati Rohul menyampaikan rasa syukur di momen Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020. Ia mengharapkan hal itu dapat memupuk rasa solidaritas dan persatuan demi keutuhan NKRI. Selain itu, ia juga mengajak generasi muda Kabupaten Rohul menghargai jasa para pahlawan dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Mantan Dandim Indragiri Hilir dan Pekanbaru ini juga menceritakan pengalaman berkesannya saat ikut serta dalam memperjuangkan NKRI di Timor Timur pada 1975 silam.

Sebagai seorang TNI yang aktif saat itu, Sukiman ikut memperjuangkan untuk keutuhan NKRI. Selain itu, ia pernah ditugaskan di berbagai wilayah di Indonesia dan mengemban sejumlah jabatan.

"Waktu berjuang mempertahan NKRI di Timor Timur ada bagian Timur Barat dan Timor Timur bagian penjajahan Portugis. Dalam pertempuran tidak sedikit kawan seperjuangan saya yang gugur, bahkan ada yang masih lajang lagi," ungkap Bupati Rohul, Sukiman.

"Kala itu situasi politik di Timor Timur semakin memanas, ada lima partai di Timor timur, namun tiga partai mendukung Indonesia, dan dua partai lagi tidak," jelas Bupati Sukiman.

Di tengah berbagai dinamika yang dihadapi saat ini, Bupati Sukiman mengharapkan perjuangan bersama rekan-rekannya dan Para pahlawan pejuang kemerdekaan di masa lalu menjadi cerminan bagi generasi muda Kabupaten Rohul, karena mereka telah mengorbankan segalanya untuk berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan RI.

"Karena perjuangan itu harus bisa jadi gambaran ke generasi penerus bahwa untuk tegaknya NKRI perlu perjuangan dan pengorbanan. Begitu juga anak muda sekarang, perlu ada perjuangan dan pengorbanan, harus rela berkorban, pantang menyerah, harus bersatu demi Indonesia," harapan besar Bupati Sukiman.

Untuk mengisi Kemerdekaan, para generasi muda dan masyarakat Kabupaten Rohul diajaknya meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa dan mengedukasikan anak-anak generasi muda cinta tanah air.

“Tidak kalah penting lagi dengan peran kita semua, sekarang ini perjuangan belum selesai. Mari kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45 dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh untuk mengisi kemerdekaan ini dengan usaha dan kerja keras demi terwujudnya cita-cita pendiri bangsa,” ajaknya lagi.

Bupati Sukiman menambahkan walau berbeda-beda adat istiadat, agama dan ras tapi tetap bersatu. Ia mengajak seluruh masyarakat dan semua kalangan tetap menjaga perdamaian, serta tidak mudah terprovokasi, sehingga tidak memecah belah persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

Sebagai kado Rohul di Hari HUT Kemerdekaan RI ke-75, Bupati Sukiman menerima sertifikat tanah dari ATR/BPN Kabupaten Rohul seluas 15 hektare dari Pemprov Riau untuk pembangunan sarana Sport Center.

Di tempat berbeda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul Drs H Abdul Haris M.Si, Senin (17/8/2020) pagi, menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih secara sederhana di halaman Kantor Bupati Rohul.

Ada tiga anggota Paskibraka saja yang dipercaya mengibarkan bendera merah putih diiringi Marching Band Gita Swara Praja, dihadiri perwakilan TNI dan Polri, serta sejumlah pejabat Forkompinda dan pejabat OPD di lingkungan Pemkab Rohul.

Pada sore harinya, Sekda Rohul Abdul Haris masih bertindak sebagai inspektur upacara penurunan bendera merah putih, dilanjutkan kegiatan virtual penurunan bendera merah putih secara langsung dair Istana Negara yang dihadiri Bupati Rohul Sukiman, pejabat Forkompinda sarta seluruh pejabat Eslon II di jajaran Pemkab Rohul.

Walau pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun ini dilaksanakan secara virtual dan terbatas, namun pelaksanaannya tetap berjalan dengan khidmat.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rohul Sukiman bersama pejabat Forkompinda Rohul tengah mengikuti detik detik Proklamasi peringatan HUT RI ke-75 di Istana Negara yang dilakukan secara virtual serentak se-Indonesia.



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang