Jum’at, 14 Agustus 2020 19:23

Terdampak Covid-19, Dewan Minta Pemko Pekanbaru Beri Stimulus Pelaku UMKM

DPRD Kota Pekanbaru meminta Pemko Pekanbaru memberikan stimulus atau bantuan terhadap pelaku UMKM tersebut.

Riauterkini-PEKANBARU-Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kota Pekanbaru tercatat ada 7.888 dari 14.120 usaha mikro yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Melihat kondisi itu, DPRD Kota Pekanbaru meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memberikan stimulus atau bantuan terhadap pelaku UMKM tersebut.

"Ada banyak sektor yang terdampak covid termasuk para pelaku UMKM, makanya kita berharap Pemko untuk membantu pemulihan para UMKM ini untuk kembali bangkit di tengah penerapan PHB seperti sekarang, karena UMKM merupakan sektor ekonomi yang memiliki keterlibatan masyarakat secara langsung," Jelas Munawar Syahputra, anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Jumat (14/8/2020).

Namun sebelum stimulus tersebut diberikan oleh Pemko Pekanbaru, maka Pemko Pekanbaru harus melakukan pendataan yang akurat terlebih dahulu. Munawar menjelaskan jika hanya didasari oleh pelaku usaha yang terdampak Covid-19, maka seluruh pelaku usaha juga terkena dampaknya.

"Jangan sampai pelaku UMKM yang terdampak namun tidak mendapatkan stimulus, ini yang kita khawatirkan. Dan hal tersebut sangat disayangkan, dari itu kita minta pendataan yang dilakukan Pemko juga harus jelas dan akurat," tegasnya.

Selanjutnya politisi NasDem ini juga meminta Pemko Pekanbaru menyediakan wadah kepelatihan dan juga penjualan secara online agar para pelaku UMKM yang ada di Pekanbaru dapat berkembang dan bisa menjalankan kembali roda perekonomian.

"Ada banyak bisnis online yang saat ini berkembang dan sekiranya bisa membantu para pelaku UMKM seperti Gojek dan lainnya, setidaknya bisa bantu promosi agar UMKM tetap bertahan distuasi serba sulit seperti sekarang," pungkasnya.***(parlementaria)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang