Jum’at, 14 Agustus 2020 16:17

Program Kemitraan Pinky, Pertamina Bantu Bangkitkan UMKM Indonesia

Pertamina dukung bangkitnya UMKM dalam fase mewabahnya Covid-19 di Indonesia. Langkah ini juga bertujuan agar penyaluran elpiji tepat sasaran.

Riauterkini-PEKANBAR- Pertamina dukung bangkitnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia dalam fase mewabahnya Covid-19 di Indonesia. Langkah ini juga bertujuan agar penyaluran elpiji tepat sasaran.

Seperti diketahui Covid-19 setakat ini masih menjadi momok seantero negeri. Bahkan wabah yang mulanya muncul di wilayah China itu kini mengguncang seluruh lini kehidupan terutama perekonomian. Kondisi tersebut berdampak bagi para pelaku bisnis dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia tentunya.

Bersumber dari Lipi.go.id dari sisi penjualan, UMKM mengalami penurunan sebesar 94,69 persen. Sementara untuk usaha offline akibat pendemi ini mengalami penurunan penjualan sebesar 47,44 persen.

Selain itu, penurunan omset penjualan lebih dari 75 persen. Bahkan untuk usaha yang terancam gulung tikar hingga November 2020 nanti sebesar 72,02 persen.

Berdasarkan uraian tersebut, maka perusahaan plat merah itu mengambil langkah untuk membantu UMKM agar kembali bangkit dalam menjajakan produknya.

Salah satu solusinya, Pertamina menggelontorkan program bertajuk Kemitraan Pinky. Dimana Pertamina di menganggarkan pinjaman sebesar Rp200 juta bagi UMKM. Biaya tersebut dapat dinikmati UMKM dengan masa pengembalian pinjaman hingga 36 bulan. Sedangkan untuk biaya administrasi sebesar 3 persen yang tiap tahun menurun.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I, Roby Hervindo menjelaskan program ini mendapat sambutan antusias dari pelaku UMKM. “Hingga kini, puluhan pelaku UMKM dari Provinsi Riau, Sumut, Aceh, dan Sumbar telah bergabung dalam program ini,” ujarnya.

Seluruh UMKM yang menerima dana permodalan, telah beralih menggunakan Bright Gas 5,5 kg. Hal ini dipermudah dengan program gratis tukar tabung elpiji 3 kg ke elpiji Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg. Bahkan pihaknya hadirkan diskon khusus dalam penukaran tersebut.

“Dengan diberikannya bantuan ini, diharapkan dapat membantu para UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka,” ujar Roby.

Terpisah Owner Ikan Bakar 17, Johari mengatakan bahwa Ia sangat apresiasi dengan hadirnya program tersebut. Lantaran, selain pinjaman dengan kredit sangat ringan, Pertamina juga memberikan bright gas.

"Ini sangat meringankan beban saya terutama saat situasi sekarang dan saya dapat terus melanjutkan pakai elpiji non subsidi," tandasnya.***(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang