Rabu, 12 Agustus 2020 21:30

Tim Lapfor Pekanbaru Selidiki Penyebab Kebakaran HPBB Telkom

Polda Riau turunkan enam enam orang personel Labfor ke lokasi kebakaran Gedung HPBB Pekanbaru. Guna mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran.

Riauterkini - PEKANBARU - Tim Laboratorium Forensik Cabang Pekanbaru membawa sejumlah sampel dari lokasi kebakaran Gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom di Kota Pekanbaru. Ini dilakukan guna mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran yang menyebabkan lumpuhnya seluruh jaringan Telkom di Riau dan provinsi lainnya.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada media menjelaskan terdapat enam orang personel Labfor telah membawa sejumlah sampel ke Labfor Cabang Pekanbaru.

" Sejak tadi malam tim telah melakukan pemeriksaan secara intensif di lokasi kejadian. Saat ini terdapat sejumlah sampel yang di bawa mereka ke Labfor Cabang Pekanbaru," terangnya Rabu (12/8).

CODE Keterangan Katanya, tim itu dipimpin langsung oleh AKBP Yani. Sementara sampel yang dibawa berupa kabel- kabel, bahkan hingga abu untuk dianalisis. "Tentu memerlukan waktu," tuturnya.

Kebakaran Gedung HPBB di kompleks Plasa Telkom Pekanbaru mengakibatkan seluruh jaringan Telkom Group, termasuk Telkomsel, lumpuh mulai dari layanan telepon, paket data, SMS hingga internet.

Gangguan jaringan juga dirasakan hingga ke pelanggan di wilayah Sumatera Bagian Utara dan Tengah, di antaranya di Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Barat, Aceh dan Sumatera Utara.

Meski begitu, baru perusahaan penyedia operator seluler PT Telkomsel yang menyatakan layanan komunikasi ke pelanggan Telkomsel di wilayah Sumatera telah berangsur pulih dan mulai dapat akses kembali dengan normal.

“Sehubungan dengan sempat terjadinya penurunan layanan komunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera sebagai dampak kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, dapat disampaikan perkembangan terbaru,"kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam pernyataan persnya.

"Bahwa layanan komunikasi baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang sempat terdampak kini sudah berangsur pulih dan mulai dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan,” tandasnya.***(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang