Ahad, 9 Agustus 2020 17:51

Bupati Rohul Kembali Serahkan Sertifikat TORA, Sampai 2020 ATR BPN Realisasikan 4.653 Bidang Tanah

Bupati Rohul mengucapkan terima kasih kepada ATR/BPN yang telah memudahkan masyarakatnya dalam mendapatkan sertifikat tanah sampai 2020.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Selama 2019 hingga 2020, Badan Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah merealisasikan 4.653 bidang tanah persertifikatan tanah transmigrasi objek agraria program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA).

Hal itu terungkap saat penyerahan sertifikat tanah rakyat dilakukan Menteri ATR/ BPN Sofian A. Djalil se-Provinsi Riau yang dilakukan secara vitual, diikuti Bupati Rohul H Sukiman, Kepala ATR/BPN Rohul Tabarita Simorangkir S.SiT, MH, Sekda Abdul Haris, Kakan Kemenag Syahrudin, Kapolres Rohul, Kajari Rohul, Ketua PN Pasirpengaraian Sunoto, Kalapas Kelas II B Pasirpengaraian M Lukman di pendopo rumah dinas Bupati Rohul pada Jumat (7/8/2020).

Persertifikatan tanah masyarakat, jelas Kepala ATR/ BPN ROhul, Tabarita, merupakan program strategis nasional yang dilaksanakan ATR/ BPN Riau melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan TORA yang dilaksanakan dengan mengikuti protokoler kesehatan.

Melalui program TORA, tambah Tabarita, dari 4.653 bidang tanah yang sudah direalisasikan mulai 2019 sudah sekira 2.984 bidang tanah terealisasi. Dan pada 2020 bertambah lagi sekira 1.669 bidang tanah.

"Kali ini kita salurkan untuk masyarakat Desa Pasir Luhur, Desa Indah, Pasir Jaya, Pasir Utama, Sukadamai dan Desa Payung Sekaki yang diserahkan simbolis juga sertifikat tanah wakaf ke sejumlah perwakilan rumah ibadah masjid, surau suluk juga pemakaman umum," papar Tabarita Simorangkir.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman berterima kasih kepada Kepala ATR/ BPN Rohul yang sudah membantu dan memudahkan masyarakatnya dalam mendapatkan sertifikat tanah, baik melalui PTSL dan prgram TORA. Ia berpesan ke masyarakat penerima agar kedepan bisa memanfaatkan sertfikat tanahnya secara baik, seperti sebagai agunan pinjaman dana ke bank untuk usaha.

"Setelah mendapatkan sertifikat maka tanah masyarakat sudah memiliki legalitas yang sah. Terpenting lagi bagaimana masyarakat sudah mendapat kepastian hukum akan tanah mereka dengan adanya sertifikat," jelasnya.

Karena dinilai telah membantu masyarakat Rohul dalam mendapatkan legalitas tanah yang sah, Bupati Sukiman menyerahkan piagam penghargaan dari Kepala Dinas Koperasi UKM, Tansmigrasi dan Tenaga Kerja Rohul Zulhendri kepada Kepala ATR/ BPN Rohul Tabarita Simorangkir.

Kepala Kejari Rohul dan Kapolres Rohul juga mendukung dan mensukseskan kegiatan PTSL 2020 dan persertifikatan redistribusi TORA di Rohul. Kakan Kemenag Rohul Sahrudin yang dinilai ikut mensuskseskan kegiatan persertifikatan tanah wakaf dan layanan inovasi tawaf 2020.

Masih pada kegiatan tersebut, Bupati Rohul Sukiman bersama Forkompinda Rohul serius mendengarkan pidato langsung Menteri ATR/ BPN RI dan Gubernur Riau Syamsuar yang dilakukan secara virtual melalui vidio conprens (Vicon) tersebut.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rohul H Sukiman secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah melalui program TORA ke perwakilan warga, didampingi Kepala ATR/BPN Rohul dan pejabat Forkompinda Rohul di pendopo rumah dinas Bupati Rohul.



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang