Rabu, 5 Agustus 2020 14:08

Batasi Pertemuan dengan Siswa, SMP Taruna Andalan Pelalawan Belajar Sistem Daring

Kegiatan belajar-mengajar di SMP Taruna Andalan Pelalawan melalui Daring. Menghidari pertemuan saat Pandemi Corona.

Riauterkini- PELALAWAN- Melihat masih berlansung nya ancaman pandemi Covid-19 sejak Maret lalu di tanah Air demikian halnya di kabupaten Pelalawan, pelaksanaan proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan tetap berlangsung. Hal serupa juga dilakukan pihak SMP Plus Taruna Andalan Pangkalan Kerinci.

SMP Plus Taruna Andalan yang bernaung di bawah yayasan Kerinci Citra Kasih PT RAPP melakukan aktivitas belajar mengajar antara guru dan murid terhitung sejak tanggal 20 Juli 2020 sampai sekarang.

"Kegiatan belajar online atau daring ini di SMP Plus Taruna Andalan yang dimulai dari tanggal 20 Juli sampai hari ini, berjalan lancar dan efektif tanpa ada kendala sedikitpun baik dari pendidik maupun dari siswa sendiri," terang Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Plus Taruna Andalan, H. Azwir, S.Ag, Selasa (5/8/2020).

Menurutnya, kegiatan para siswa SMP selama masa pandemi Covid-19 tidak kalah menarik dengan ketika mereka berada di sekolah. Mulai dari bangun tidur, siswa sudah dibiasakan untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat.

"Momen kebersamaan dan aktivitas belajar diabadikan siswa dengan membuat video kegiatan di rumah selama pandemi Covid-19," paparnya.

Begitu juga katanya, peran guru selama daring bukan berarti lantas berlepas tangan, akan tetapi para guru juga memantau perkembangan siswa selama kegiatan mereka di rumah. Misalkan guru agama juga selalu mengingatkan siswa untuk selalu melakukan aktivitas agamanya, yang dianut.

Sementara guru olahraga juga mengingatkan dan memantau para siswa untuk selalu melakukan olahraga di rumah minimal 30 menit untuk kebugaran dan kesehatan jasmani. Kegiatan di rumah tidak lantas berdiam diri saja. Kegiatan pagi pun tidak serta merta lantas bersantai karena di rumah dan tidak ke sekolah. Para siswa pun di rumah juga segera mandi pagi dan sarapan pagi yang sehat dan bergizi sebelum mereka mengikuti kegiatan pembelajaran daring setiap harinya.

Dikatakannya, pembelajaran daring di SMP Plus Taruna Andalan, menggunakan jadwal khusus yang tidak seperti jadwal pelajaran ketika di sekolah. Dengan pengaturan jadwal seperti ini harapannya tidak terlalu memberatkan siswa yang belajar di rumah.

Untuk pembelajaran daring ini guru sudah terbiasa, karena SMP Plus Taruna Andalan memang sudah menerapkan prinsip sekolah berbasis IT. Pelatihan sudah sering dilakukan, demikian pula pembiasaan pembelajaran daring sudah terlaksana dalam pembelajaran setiap hari.( Cho)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang