Rabu, 5 Agustus 2020 09:46

Dewan Minta Wako Beri Bukti Bukan Sekedar Janji Atasi Banjir

Musibah banjir masih jadi ancaman sejumlah kawasan di Pekanbaru. Dewan minta walikota beri bukti bukan janji mengatasinya.

Riauterkini-PEKANBARU- Pemerintah Kota Pekanbaru diminta serius mengatasi persoalan banjir yang hingga saat ini masih terjadi dibeberapa titik di Kota Pekanbaru.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Robin Eduar meminta Pemko segera memberikan bukti kongrit dalam penanganan banjir yang terjadi setiap tahunnya, diantaranya segera merampungkan masterplan pengendalian banjir agar lebih terukur dan berdampak baik dalam penanganan banjir.

"Hujan sebentar sudah banjir, tidak sedikit warga yang sudah lapor ke kita. Ini tentu jadi catatan dan PR besar buat pemerintah kenapa ini masih saja terjadi.

Pemerintah harus serius lah atasi banjir ini, masterplan pengendalian banjir juga kita belum lihat seperti apa, makanya kita minta segera tuntaskan agar penanganan bajir lebih terukur dan ada dampak positifnya, " Ungkap Robin, Rabu (5/8/2020)

Robin juga meminta agar pemerintah kota Pekanbaru dan Pemprov Riau duduk satu meja memikirkan rencana jangka panjang untuk mengatasi persoalan banjir ini. Harus ada master plan pembangunan drainase terintegrasi di kawasan padat penduduk yang dialirkan tempat pembuangan.

Disamping itu, Pemko juga diminta berani menindak tegas pihak-pihak yang diduga menjadi penyumbang banjir di Kota Pekanbaru, seperti halnya keberadaan ruko-ruko yang tidak memiliki bak kontrol dan menutup saluran drainase sehingga menghalangi petugas untuk melakukan pembersihan dan terjadi penumpukan sampah yang berujung kepada banjir.

"Pemko harus tegas, jika ada bangunan yang tidak sesuai aturan harus dibongkar, apalagi sampai menyebabkan banjir seperti sekarang ini. Drainase juga kita lihat tidak berfungsi dengan baik, "Pungkas Robin. (parlementaria)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang