Ahad, 2 Agustus 2020 16:21

Bengkalis Masih Kekurangan Penyuluh Pertanian

Jumlah penyuluh pertanian terus menurun, menyusul bertambahnya penyuluh yang pensiun. Sementara itu, belum ada penambahan tenaga yang membantu petani atau pekebun itu.

Riauterkini-BENGKALIS- Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan dinilai belum mencukupi akan tenaga penyuluh pertanian. Saat ini ada 70 orang tersebar di seluruh kecamatan, namun sebagiannya akan memasuki masa pensiun.

"Saat ini kondisi penyuluh pertanian kita berjumlah 70 orang, dan sudah ada yang akan memasuki masa pensiun. Kedepan target kita ingin menambah penyuluh kalau perlu satu desa satu penyuluh," ungkap Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis, H. Tarmizi, S.P, M.Si kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Menurutnya, penambahan tenaga penyuluh akan dilakukan secara bertahap. Kemudian dalam proses penerimaannya Distan juga tidak menginginkan ada intervensi dari pihak manapun.

"Karena jangan sampai nanti ada sarjana ekonomi, sarjana agama bisa jadi penyuluh pertanian," katanya lagi.

Tahun ini juga direncanakan ada penerimaan sebanyak 30 orang, namun karena pandemi virus corona atau covid-19 terpaksa ditunda terlebih dahulu.

Dalam penerimaan itu, pihaknya juga akan melakukan analisa seperti potensi desa-desa atau daerah, baru kemudian disiapkan tenaga penyuluhnya.

"Karena kita tidak inginkan penyuluh yang sifatnya ilmu segala ilmu. Contohnya, jika daerah itu potensinya perkebunan maka akan dicari penyuluh yang dasarnya adalah perkebunan, jika potensi daerah holtikultura maka juga akan dicari penyuluh yang disiplin ilmunya holtikultura. Artinya bukan penyuluh sekedar tahu dan tidak mampu mengarahkan kawan-kawan petani atau pekebun menjadi lebih baik atau profesional," ujarnya seraya menyebutkan pekerjaan ini kerja keras.***(dik)

Foto : H. Tarmizi, Kepala Distan Kabupaten Bengkalis

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang