Selasa, 28 Juli 2020 10:56

Sebagian dari 283 Calon Naker Dibekali Pelatihan Pemkab Kuansing Telah Bekerja

Langkah Pemkab Kuansing mengirim calon tenaga kerja ikut pelatihan membuahkan hasil. Sebagian mulai bekerja.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pemkab Kuansing, melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Naker Kuantan Singingi, pada tahun 2019 lalu memberangkatkan 283 tanaga kerja mengikuti pelatihan keterampilan kerja. Kini sebagian dari mereka telah bekerja

"Sebagian yang mengikuti pelatihan tahun 2019 lalu, telah bekerja. ADM perkantoran sebagian ada di Pemda, ada juga di perusahaan dan ada yang membuka usaha sendiri," ujar Mardansyah, Plt. Kadis DPMPTS Kuansing, Selasa (28/7/2020) pagi di Telukkuantan.

Maradansyah, menyebutkan program ini bertujuan meningkatkan pelayanan dalam mensukseskan program Pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

283 tenaga kerja yang diberangkatkan tahun 2019 lalu, mereka mengikuti berbagai bidang pelatihan seperti Teknisi Instalasi Satelit V-sat, Viber Optik, Teknis Jaringan. Pelatihan nya di BBPLK Bekasi sebanyak 12 Orang.

Pengelola ADM Perkantoran, Layanan Pelanggan, Pengelola ADM Perkantoran, Sistem ADM Junior, Pembuatan Pakaian Jadi, Menjahit Pakaian Wanita. Pelatihannya di BBPLK Semarang Sebanyak 32 Orang.

Pengelasan GMAW 3G, Pemasangan Instalasi Otomasi Listrik, pelatihannya di BBPLK Serang sebanyak 16 Orang.

Pasar Pasaran, Finishing Semprot, Teknik Finishing Oles Bakteri (buat roti), Lader Tur, Penjaga Rumah, Penjaga Rumah, Front Office, pelatihannya di BBPLK Medan sebanyak 16 Orang.

Wirausaha Produktif, Wirausaha Baru (Buat Kue, pelatihannya di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau berjumlah 45 Orang.

Membuat Roti dan Kue, Pengocok Cookky Komersial Smaw, Layanan Sepeda motor Konvensional, Teknisi Telpon Seluler, Menjahit Komponen Pakaian, Cookky Komersial, Teknisi Telepon Seluler, Instalasi Listri, Pelatihan Sederhana di UPT-LK wilayah I Provinsi Riau Sebanyak 144 Orang.

Pengoperasian Mesin Bubut, Penyiapan Kamar Tamu (House Keping) Penggambaran 3 Dimensi, Asisten Pembuat Pakaian, Pelatihannya di Balai Latihan Kerja Padang Provinsi Sumatera Barat sebanyak 18 Orang.

Lewat pelatihan Balai kerja yang dilakukan tahun 2019 lalu, kata Mardansayah, nantinya akan menjadi alternatif dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan Global yang semakin ketat.

Pelatihan berbasis Kompetensi ini lanjut Mardansyah, di topang tiga pilar utama, pertama membangun SDM unggul berbasis kompetensi Diperlukan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dari lembaga BNSP.

Pelatihan berbasis Kompetensi yang menitik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja yang dibutuhkan, keahlian, dan sesuai dengan kebutuhan standar yang ditentukan ditempat kerja.

Sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi sesuai standar kompetensi, dan dilaksanakan oleh lembaga yang memiliki otoritas.

"Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten mendukung penuh Pemerintah Pusat dalam mengimplementasikan tenaga kerja berkompeten untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan Global yang semakin ketat," sebut Mardansyah.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang