Selasa, 14 Juli 2020 17:02

6.492 ASN Ikut Dukung Dukungan di Pilkada Serentak 2020

Sedikitnya, ada 6.492 aparatur sipil negara (ASN) di berbagai wilayah di Indonesia dukung calon perseorangan di pilkada serentak 2020.

Riauterkini-PEKANBARU-Ketua Bawaslu Abhan mengungkapkan dari hasil pengawasan verfak bakal calon perseorangan Pilkada Serentak 2020 di berbagai wilayah di Indonesia 24 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020, pengawas pemilihan menemukan dokumen dukungan yang dalam identitasnya tertulis pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 6.492 pendukung dan Penyelengara Pemilihan sebanyak 4.411 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Temuan tersebut tersebar di 79 kabupaten/ kota yang menggelar Pemilihan 2020. Temuan lainya berkaitan dengan proses verfak adalah pendukung yang tidak dapat ditemui karena tidak ada di tempat karena bekerja dan bepergian. Verifikasi kemudian dilaksanakan pada malam hari untuk dapat menemui pendukung tersebut.

Dalam pelaksanaan verifikasi, ditemukan pendukung yang sudah meninggal dunia, pendukung ganda, pendukung yang sudah pindah domisili dan keterangan yang tidak semua dengan data diri pendukung.

"Terhadap temuan tersebut, Pengawas Kelurahan/Desa melakukan saran perbaikan dan mencatat dalam formulir hasil pengawasan untuk disampaikan ke Panwascam," terang Abhan.

Terhadap pendukung yang tidak dapat ditemui, petugas verifikasi akan melakukan metode pengumpulan pendukung atas kordinasi dengan tim pendukung bakal calon.

Proses pengumpulan pendukung ini mewajibkan adanya protokol kesehatan untuk menghindari adanya penyebaran Covid-19.

Terkait dengan temuan temuan tersebut, Abhan menyatakan dokumen dukungan itu dinyatakan tidak mendukung bakal calon tersebut.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang