Kamis, 9 Juli 2020 18:06

Polda Riau Sita 15,8 Kilogram Sabu di Pelabuhan Roro Dumai

Berasal dari Pulau Rupat Utara, Polda Riau amankan sabu sebanyak 15,8 kilogram di Pelabuhan Roro Dumai.

Riauterkini - PEKANBARU - Kepolisian Daerah Riau berhasil upaya penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 15,8 kilogram. Selain barang haram itu, polisi juga gelandang dua orang kurir yakni YH dan D.

Dalam temu pers, Kamis (09/07/20), Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menjelaskan aksi penyelundupan narkotika itu berhasil digagalkan di wilayah Pelabuhan Roro Dumai pada Senin (06/07) lalu.

"Awalnya kita mendapat informasi akan adanya pengiriman narkoba dari Pulau Rupat ke kota Dumai. Lalu kita lakukan penyelidikan dengan berkoordinasi dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) Pelabuhan Roro Dumai," terangnya.

Koordinasi dengan beberapa strategi itu akhirnya membuahkan hasil. Setelah melakukan penggeledahan terhadap kendaraan yang keluar dari kapal penyeberangan, petugas berhasil mengamankan dua orang dengan barang bukti narkoba itu yang disembunyikan di bawah kursi tengah mobil jenis minibus bernomor polisi B1504NKT.

" Kita amankan dua pelaku YH dan D. Kemudian kita lakukan pengembangan. Namun, lantaran penangkapan keduanya diketahui oleh masyarakat dan viral di media sosial,maka kita kesulitan membongkar jaringan ini," terangnya.

Saat diperiksa kedua pelaku ini mengaku sebagai kurir yang dikendalikan oleh S (DPO). Narkoba itu dijemputnya di Pulau Rupat Utara dan akan dibawa ke Pekanbaru untuk diserahkan kepada S.

" Keduanya mengaku diupah sebanyak Rp5 juta setiap kilogramnya jika berhasil sampai ke tangan S," bebernya.

Saat ini barang bukti narkoba yang dikemas dalam 16 bungkus berukuran besar itu telah berada di Ditresnarkoba Polda Riau, termasuk juga dua pelaku itu. Dimana mereka kini di harus menjalani proses hukum sesuai dengan Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan Ancaman Hukuman mati atau penjara paling singkat 5 (lima) tahun, paling lama 20 (dua puluh) tahun.*(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang