Kamis, 9 Juli 2020 16:46

Bupati Kuansing Tetapkan Desa Suka Maju Sebagai Desa Tangguh Covid - 19

Bupati Mursini canangkan Desa Desa Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir sebagai desa tangguh Covid - 19. Sebagai gagasan terbaik untuk mencegah penyebaran wabah corona.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Bupati Kuansing, Drs. H. Mursini, M.Si tetapkan Desa Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir, sebagai Desa tangguh Covid - 19 Kamis (9/7/2020).

  Penetapan itu disampaikan melalui surat keputusan Bupati Kuantan Singingi, nomor: Kpts. 192/VI/2020 tanggal 24 Juni 2020.

Pencanangan desa tangguh ini kata Bupati merupakan amanat Kapolri, bertujuan untuk memutus mata rantai dan menjadi sarana edukasi serta mewujudkan kesiapan masyarakat desa dalam menghadapi Covid - 19 dengan berbagai pertimbangan dan kesiapsiagaan.

"Desa tangguh melawan Covid - 19 ini merupakan gagasan terbaik untuk mencegah penyebaran wabah Covid - 19," ujar Bupati dikesempatan itu.

Bupati menyampaikan, untuk menetapkan desa tangguh ini ada beberapa aspek yang dinilai pertama segi kesehatan, bagaimana penanganan kesehatan, pos pengamanan, pos penanganan Covid - 19 dan keberadaan kelompok masyarakat menjadi tim Gugus Tugas di tingkat desa.

Kedua dari segi perekonomian dimana desa memiliki kesiapsiagaan ketahanan pangan yang mempunyai lahan untuk di tanam sekaligus dari segi perikanannya dan desa menyatakan siap dengan itu semua.

Ketiga segi keamanan dimana desa memiliki pos kambling yang aktif dan bebas narkoba. Semua keterpaduan desa mulai dari perangkat desa dan unsur yang ada ditingkat desa.

"Kita menilai penetapan desa Suka Maju oleh Polres dan Polda Riau, sudah berdasarkan kriteria yang ditentukan, sehingga desa ini terpilih sebagai desa tangguh melawan wabah Covid - 19," kata Bupati.

Selain itu sambung Bupati tak kalah pentingnya desa Suka Maju, dapat menyediakan rumah isolasi atau tempat karantina bagi warga yang baru datang dari luar daerah dan sistim ini kata Bupati juga telah berjalan.

"Dari beberapa aspek tersebut, kita memandang desa Suka Maju, memenuhi persyaratan yang ditetapkan Polda Riau dan Kapolres Kuansing, sebagai desa tangguh Nusantara dan dapat dijadikan pilot project di Kabupaten Kuantan Singingi," jelas Bupati.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang