Kamis, 9 Juli 2020 09:10

Bupati Kuansing Ingin Bentuk 4 OPD untuk Dukung Sejumlah Program

Bupati Kuansing merancang sejumlah program unggulan. Untuk mendukung diperlukan 4 OPD baru.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Bupati Kuansing, Drs. H. Mursini, M.Si terus berupaya menghadirkan berbagai program untuk masyarakat melalui langkah kongkrit.

Tidak hanya terfokus menggunakan APBD daerah, APBD Provinsi dan pusat juga menjadi incarannya. Untuk menarik dana itu bisa mengalir ke daerah ia mengajukan pembentukan 4 OPD baru.

Pengajuan pembentukan OPD ini disampaikan Bupati Mursini melaui sidang paripurna DPRD, Rabu (8/7/2020) kemarin dengan agenda sidang pembacaan pidato nota pengantar terkait ranperda atas perda nomor 4 tahun 2016 terkait pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

4 OPD yang diajukan Bupati adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

pengajuan ini nantinya akan mengubah nomorklatur OPD yang sudah ada, seperti di Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Bencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kemudian, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perikanan.

Seperti BPBD akan mengubah nomenklatur Satpol PP, untuk bidang pemadam kebakaran dan penyelamatan akan pindah ke BPBD badan ini meruokan tipe A.

Dinas Pertanian pemecahannya juga sudah melalui proses persetujuan pemuktahiran data pendukung Kementan dan Kemendagri.

Ditariknya Bidang Ketahanan Pangan ke Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan, maka nomenklatur Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan berubah menjadi Dinas Perikanan.

Selaint itu Bupati juga mengajukan tipelogi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dari tipe B menjadi tipe A. Karena adanya penambahan satu bidang dari tiga menjadi empat bidang.

"Pembentukan OPD baru ini tentunya bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat supaya bisa efektif, efisien dan sesuai kebutuhan," jelas Bupati.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang