Rabu, 8 Juli 2020 08:11

Sebanyak 4.107 Pekerja Migran Asal Bengkalis Terima Bantuan Rp600 Ribu

Sebagai warga terdampak pandemi covid-19, 4.107 warga Bengkalis, pekerja migran menerima BST masing-masing sebesar Rp600 ribu. Bantuan tersebut hanya diterima sekali.

Riauterkini-BENGKALIS- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis akhirnya menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia asal Kabupaten Bengkalis sebanyak 4.107 orang.

Secara simbolis penyerahan bantuan itu oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY, di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Jalan Ahmad Yani, Bengkalis, Selasa (7/7/20).

Turut hadir Kapolres AKBP Hendra Gunawan, S.I.K, Kepala Bapeda Adi Prasetyo dan Kalaksa BPBD H. Tajul Mudaris serta empat orang perwakilan dari PMI.

PMI terdampak pandemi covid-19 tersebut, hanya akan menerima BST selama sekali masing-masing sebesar Rp600 ribu.

Penerima tersebar di Kecamatan Bengkalis 1.585 orang, Bantan 1.926 orang, Bukitbatu, 40 orang, Siakkecil 24 orang, Bandar Laksamana 52 orang, Rupat 323 orang, Rupat Utara 93 orang, Mandau 11 orang, Bathin Solapan 2 orang, dan Pinggir 1 orang.

"Bantuan untuk pekerja migran di Kabupaten Bengkalis ini agar bisa memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Pemkab Bengkalis memberikan bantuan di tengah pandemi covid-19 ini. Dan kami harapkan bantuan tersebut dapat mengurangi beban, tidak melihat besar atau kecilnya. Tetapi dari sisi kepedulian Pemkab Bengkalis khususnya gugus tugas," terang Bustami.

"Kami juga memohon maaf karena terjadi keterlambatan penyaluran bantuan ini. Dan harap dapat dimaklumi, karena dalam hal ini pemerintah harus terlebih dahulu mengumpulkan data yang lebih akurat," ucapnya.

Ditambahkan Kalaksa BPBD H. Tajul Mudaris mengatakan, untuk penerima bantuan PMI yang sudah dilampirkan dalam surat keputusan (SK) Plh. Bupati berjumlah 4.107 orang dan yang sudah terealisasi hingga kemarin, sebanyak 3.628 orang.

"Kita juga sedang memvalidasi dan melakukan cek nomor rekening. Tapi pada prinsipnya, sisanya ini pasti akan dicairkan dan anggaran sudah tersedia," katanya.

Total anggaran yang disiapkan melalui BPBD untuk BST kepada PMI ini sebesar Rp2,1 miliar, dengan pemberian Rp600 ribu perorang, tidak ada tahap selanjutnya.***(dik)

Foto/Istimewa : Kalaksa BPBD Bengkalis H. Tajul Mudarris menyerahkan BST kepada perwakilan pekerja migran Kabupaten Bengkalis, Selasa (7/7/20).

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang