Ahad, 5 Juli 2020 11:30

Water Bombing dan Alat Berat Dikerahkan, Sebagian Besar Karla Gambut di Pulau Rupat, Bengkalis Padam

Hingga hari keempat kemarin, karla gambut di Pulau Rupat dilaporkan sebagian besar berhasil dipadamkan. Helikopter dan alat berat dikerahkan.

Riauterkini-BENGKALIS- Kebakaran lahan (karla) hutan produksi terbatas (HPT) semak belukar perbatasan PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) dan PT. Priatama berada di Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat (Pulau Rupat), Kabupaten Bengkalis dilaporkan sebagian besar padam.

Hingga Sabtu (4/7/20) sekitar pukul 18.00 WIB, lahan gambut dilaporkan sebelumnya telah terbakar sekitar 8 hektar, luas yang sudah dipadamkan sekitar 7 hektar. Dan petugas di lapangan masih berupaya lakukan pendinginan dua unit helikopter water bombing dan alat berat dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Petugas gabungan terdiri dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis 12 orang, TNI 15 orang, Polri 21 orang, PT. Priatama 10 orang, PT. SRL 70 orang, Manggala Agni 6 orang, dan Satpol PP 3 orang.

"Tim gabungan melakukan pendinginan di lokasi kebakaran yang masih ada titik asap. Dua unit alat berat masih melakukan pembatasan, dan dua unit helikopter water bombing milik BNPB membantu pendinginan melalui udara," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bengkalis, H. Tajul Mudarris dikonfirmasi riauterkini.com, Sabtu (4/7/20) malam.

Ditambahkan Tajul, selain di Pulau Rupat tersebut kebakaran juga dilaporkan terjadi di Tanah Pantai Sesai Tepian Pantai Senekip, Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, Sabtu (4/7/20) sekitar pukul 11.44 WIB luas lahan terbakar sekitar 1,5 hektar.

Petugas dikerahkan dari BPBD Bengkalis 9 orang dan Damkar 7 orang.

Kebakaran di daerah itu, dilaporkan terjadi Jumat (3/7/20) sekitar 16.15 WIB. Api sempat membakar semak belukar, dan rumput kering namun tidak sampai memakan tanah dikarenakan kondisi tanah basah dan lembab.

"Tim BPBD Bengkalis telah melakukan pemantauan, dikarenakan pada saat akan melakukan pendinginan di lokasi kondisi cuaca telah terjadi hujan dengan intensitas sedang dan tak begitu lama, titik api, asap telah padam dan mati," tutupnya.***(dik)

Foto : Helikopter dan petugas lakukan pemadaman di lokasi kebakaran di Pulau Rupat, Bengkalis, Sabtu (4/7/20) kemarin.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang