Kamis, 18 Juni 2020 22:47

Tebar 10 Ribu Benih Ikan di Rantau Sakti, Bupati Rohul Ingin Konsumsi Makan Ikan Meningkat

Bupati Rohul H Sukiman menginginkan konsumsi makan ikan di masyarakat terus meningkat, dalam mendukung program pemerintah pusat masyarakat gemar makan ikan.

RIAUTERKINI-TAMBUSAI UTARA- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, menginginkan konsumsi makan ikan di masyarakat terus meningkat.

Hal tersebut sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Rohul dalam mendukung program pemerintah pusat yakni Gerakan Masyarakat Makan Ikan.

Demikian disampaikan Bupati Sukiman saat menebar 10 ribu benih ikan mas di perairan umum atau embung milik Pemerintah Desa Rantau Sakti, Kecamatan Tambusai Utara, Rabu (17/6/2020).

Saat penebaran benih ikan mas di Desa Rantau Sakti, Bupati Sukiman didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Rohul, Barikun SP.

Hadir juga Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Rohul Mubrizal SP, MMA, Kadis PMPTSP Rohul Gorneng S.Sos, M.Si, Kepala OPD lain, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos, M.Si, Kades Rantau Sakti Purwadi ST, serta dihadiri masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Sukiman meminta masyarakat Desa Rantau Sakti untuk rutin memberi makan dan menjaga ikan yang baru ditebar hingga waktunya dipanen nanti.

Bupati juga mengusulkan embung yang ada di Rantau Sakti dijadikan sebagai lubuk larangan, seperti sudah diterapkan di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo yang dinilainya sukses, karena ada aturan dan kesepakatan bersama yang dibuat, serta sesuai kearifan lokal setempat.

Setelah benih ikan ditebar, Bupati juga berharap masyarakat ikut menjaganya, sehingga tidak dipancing oleh orang tidak bertanggung jawab.

"Kalau ada rezekinya berlebih belikan makanannya (pelet). Desa Rantau Sakti juga harus bisa buat lubuk larangan," harap pria yang pernah menjabat Dandim tersebut.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Rohul ini juga mengharapkan dengan pelepasan benih ikan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan konsumsi makan ikan di masyarakat, serta sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem perairan di Desa Rantau Sakti.

"Jadi tujuan dari penebaran benih ikan ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan populasi ikan di perairan umum, serta dapat menjaga kelestarian sungai dan meningkatkan konsumsi masyarakat agar gemar makan ikan," ujar Bupati Rohul, Sukiman.

Masih di tempat sama, Kepala DKPP Rohul, Barikun, mengatakan sesuai prosedur dan tugas Balai Benih Induk (BBI) Rohul mendistribusikan benih ikan ke masyarakat.

Barikun menerangkan benih ikan diproduksi BBI Rohul ada tiga jenis, yakni ikan mas, ikan nila, serta ikan lele.

Sesuai kondisi dan potensi embung di Desa Rantau Sakti, sambung Barikun, perairan di desa ini cocok dengan ikan mas, maka BBI Rohul membantu benih ikan jenis ini sebanyak 10 ribu ekor, sesuai permohonan Kepala Desa Rantau Sakti beberapa bulan lalu.

"Mudah-mudahan dengan motivasi tersebut masyarakat mengetahui betapa pentingnya pelestarian alam untuk kepentingan kita semua," harapan besar Barikun.

Selain itu, ia juga mengharapkan seluruh desa yang ada di Kabupaten Rohul harus mendapatkan bantuan benih ikan minimal 5 ribu ekor.

Sampai saat ini, diakui Barikun, target penyaluran bantuan benih ikan dilakukan DKPP Rohul sudah mencapai di 120 desa, dengan minat masyarakat membudidayakan ikan lele, meski BBI Rohul tengah mengalami keterbatasan indukan ikan.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang