Selasa, 9 Juni 2020 15:19

Pemkab Rohul Segera Tata dan Urus Sertifikat Lahan Wisata Hutan Air Panas Pendalian IV Koto

Bupati Rohul H Sukiman ingin Hutan Air Panas Desa Air Panas jadi wisata alam menarik bagi pengunjung.‎ Untuk itu perlu dilakukan penataan dan pengembangan serius.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) tengah berupaya mengembangkan dan menata seluruh destinasi wisata yang ada diharapkan.

Penataan dan pengembangan destinasi yang akan dilakukan Pemkab Rohul dengan harapan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan serta membangkitkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Rohul H Sukiman saat tengah kunjungan kerja ke Kecamatan Pendalian IV Koto, didampingi sejumlah pejabat dan dinas terkait, Senin (08/06/2020).

Pada kunjungan kerjanya di Kecamatan Pendalian IV Koto tersebut, Bupati Rohul Sukiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj Peni Herawati‎, menyempatkan diri meninjau obyek wisata Hutan Air Panas di Desa Air Panas.

Menurut Bupati Sukiman, obyek wisata Hutan Air Panas di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto dengan luas sekira 4 hektare sangat berpotensi dan bagus sekali sebagai lokasi kunjungan wisata.

"Langkah pertama, akan kita ukur bersama BPN Rohul untuk dibuat sertifikat lahannya," jelas Bupati Rohul Sukiman.

Setelah pengurusan sertifikat lahan, terang Bupati Sukiman, obyek wisata Hutan Air Panas yang menawarkan wisata alam dan pemandian air panas ini akan dikembangkan dan ditata oleh pemerintah daerah.‎

Bupati mengaku telah menginstruksikan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rohul untuk membuat Detail Engineering Design (DED).

Lahan 4 hektare yang ada, diakui Bupati Rohul, akan dipermanenkan menjadi objek wisata alam menarik, menawarkan‎ keindahan hutan alam dan pemandian air panas.

"Makanya DED yang dibuat nanti direncanakan secara terencana dengan bagus agar nanti benar-benar menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat," harapan besar orang nomor satu di Kabupaten Rohul itu.

Menurut Bupati Sukiman, obyek wisata Hutan Air Panas Desa Air Panas masih natural, sehingga nantinya alami kawasan ini‎ harus tetap dipertahankan dan dilakukan peningkatan.

"Untuk itul perlu dipersiapkan perencanaan yang matang. Penataan obyek wisata harus berfokus kepada mendata aset, membuat konsep penataan menjadi destinasi wisata yang lebih baik lagi, baik dari segi akses menuju lokasi, fasilitas umum dan lainnya," pesan Bupati Sukiman.

"Kedepan akan dipersiapkan secara matang, karena wisata Hutan Air Panas ini sangat berpotensi dan bagus untuk tempat wisata," tambah Bupati Sukiman, dan mengaku meski telah bersertifikat nanti, namun lokasi ini akan dikelola pihak desa.

Masih di kunjungannya, Bupati Rohul menuturkan selain potensi alamnya yang masih asli dan asri, obyek wisata Hutan Air Panas sudah banyak dimanfaatkan oleh pengunjung dari berbagai daerah untuk theraphy penyakit kulit.

Ia mengharapkan wisata Hutan Air Panas ditata kembali dengan serius dan baik, agar lokasi ini menjadi wisata alam yang produktif.‎

Diakui Bupati, ia sengaja membawa sejumlah Kepala OPD terkait, untuk permudah koordinasi dalam mewujudkan penataan obyek wisata tersebut, seperti Kepala Disparbud Rohul sebagai leading sector, Kepala Dinas PUPR Rohul untuk membangun sarana dan prasarana jalan ke obyek wisata Hutan Air Panas.

Kepala Diskominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, sebagai pusat informasi ke masyarakat yang bertujuan dalam rangka memberdayakan potensi wisata alam yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Sebelumnya, pada kunjungan kerjanya di Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto, Bupati Rohul Sukiman menyerahkan bantuan paket Sembako kepada 192 kepala keluarga (KK) di daerah ini yang diberikan secara simbolis.‎

Masih di tempat sama, Kepala Desa Air Panas Rahayu A.Md, berterima kasih kepada Bupati Rohul yang menyempatkan diri mengunjungi obyek wisata Hutan Air Panas yang ada di desanya.

Pria yang akrab disapa Wahyu ini menyambut baik rencana Pemkab Rohul yang akan melakukan pengembangan dan penataan objek wisata Hutan Air Panas yang sudah ada sejak nenek moyang mereka.‎

"Hutan ini sudah ada sejak nenek moyang kami, konon dulu Hutan Air Panas ini digunakan masyarakat untuk theraphy, kemudian setalah kita bangun dimanfaatkan warga sebagai tempat rekreasi," ungkap Wahyu.

Diakui Kades, Pemkab Rohul melalui Dinas PUPR Rohul sebelumnya juga telah membuka akses jalan menuju objek wisata Hutan Air Panas. Menurutnya, bila obyek wisata Hutan Air Panas maju tentunya akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

Demi majunya obyek wisata Hutan Air Panas, diakui Wahyu, Pemerintah Desa Air Desa siap gelontorkan Dana Desa untuk pengembangan lokasi wisata yang ada di desanya tersebut.

"Intinya kita komitmen meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat," pungkas Kades Air Panas.‎

Pada kunjungan kerjanya tersebut, Bupati Rohul Sukiman juga didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohul Suparno S.Hut, Kadis DKPP Rohul Barikun SP, Kepala Disnakbun Rohul C. Agung Nugroho STP‎, Camat Pendalian IV Koto Afkar S.Sos, serta para Kades se-Kecamatan Pendalian IV Koto.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang