Kamis, 4 Juni 2020 13:43

Warga Diterkam Harimau, BBKSDA Turunkan Tim ke Bengkalis

Terkait warga diterkam harimau sumatera, BBKSDA Riau turunkan tim ke lapangan. Tim akan memastikan satwa penerkam.

Riauterkini-PEKANBARU-Terkait adanya laporan harimau terkam warga di Bengkalis, Kepala Bidang KSDA Wil 2, Heru Sutmantoro, Kamis (4/6/20) menyatakan bahwa BBKSDA Riau sudah menurunkan tim ke lapangan. Saat ini tim sudah ada di lokasi kejadian.

"Saat ini tim BBKSDA Riau sudah ada di lokasi untuk memastikan jenis satwa penyerang salah seorang warga," katanya.

Ia menambahkan, bahwa korban penerkaman harimau sedang beriatirahat. Karena banyak darah yang keluar akibat penerkaman harimau.

"Korban belum bisa dimintai keterangan tentang kronologis kejadian penerkaman," sambungnya.

Informasi yang dihimpun Riau Terkini menyebutkan bahwa korban penerkaman adalah Sofyan (50) warga RT 02 RW 01 Dusun Murni Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksemana, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kejadian penerkaman Sofyan terjadi ketika Kamis (4/6/20) pagi pukul 07.00 wib Sofyan sedang menderes karet dikebunnya. Saat menderes karet itulah tiba tiba langsung diterkam seekor harimau besar.

Kondisi korban saat ini sudah sadarkan diri dan dirawat di Puskesmas Desa Tenggayun. Korban mengalami luka cakar dan gigitan harimau.

Sementara itu, Humas WWF, Syamsidar mengatakan bahwa menurunnya kawasan tutupan hutan dan berubah menjadi kawasan perkebunan dan pertanian membuat harimau sumatera bertemu dengan warga petani atau pekebun.

"Kalau dirunut ke belakang, kawasan hutan yang berubah menjadi kawasan perkebunan atau pertanian bisa jadi adalah kawasan home range (kawasan jelajah) harimau. Nah ketika pada suatu ketika harimau tersebut kembali ke kawasan jelajahnya, ia bertemu warga. Karena merasa terancam, maka harimau menyerang warga tersebut," terangnya.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang