Sabtu, 16 Mei 2020 15:04

Infeksi Saluran Pencernaan Kronis Tewaskan Gajah Kadang Kulim

Gajah Lembaga Konservasi Kasang Kulim ditemukan mati. Penyebab kematiannya infeksi saluran pencernaan kronis.

Riauterkini-PEKANBARU-Seekor Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Lembaga Konservasi Kasang Kulim, ditemukan mati pada Rabu, 13 Mei 2020. Hal itu disampaikan Kepala BBKSDA Riau, Suharyono Sabtu (16/6/20).

Menurutnya, bangkai gajah dilakukan neukropsi tim medis BBKSDA Riau. Hasilnya, penyebab kematian satwa tersebut diduga adalah infeksi/radang saluran pencernaan secara masive dan kronis.

"Kematian gajah di Lembaga Konservasi Kasang Kulim bermula pada Rabu (13/5/20) pagi petugas melakukan pengecekan satwa gajah. Posisi gajah saat itu dalam kondisi terbaring. Petugas segera menghubungi pemilik Lrmbaga Konservasi Kasang Kulim dan memanggil pawang (Mahout) gajah untuk menginfokan gajah dalam posisi terbaring dan tidak mau bangun. Pawang gajah (Darwis) kemudian melakukan pengecekan dengan memeluk bagian kepala dan bagian belalai dan ternyata tidak ada napasnya lagi (gajah sudah dipastikan mati)," terang Suharyono.

Selanjutnya, tambah Suharyono, Balai Besar KSDA Riau segera menurunkan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dan menurunkan tim medis untuk melakukan neukropsi yang hasilnya adanya infeksi saluran pencernaan kronis sebagai penyebab Kematian gajah.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang