Kamis, 9 April 2020 21:08

Tangani Covid-19 Pemkab Inhu Sediakan Dana Rp90,2 Miliar

Pemkab Inhu menyiagakan dana Rp90,2 miliar untuk mengantisipasi merebaknya wabah Virus Corona di kabupaten itu.

Riauterkini-RENGAT-Komitmen penanganan Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), selain membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Inhu juga menyediakan anggaran dana sebesar Rp 90,2 miliar untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Disediakanya anggaran dana sebesar Rp90,2 miliar untuk pencegahan dan penangggulangan Covid-19 di Inhu yang bersumber dari pergeseran anggaran pada APBD Inhu, disampaikan Ibrahim Alimin Kepala BPKAD Inhu dalam konfrensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (9/4/20) bertempat di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kantor Kominfo Inhu Pematang Reba.

"Guna pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Inhu, Pemkab Inhu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 90,2 miliar. Anggaran Rp 90,2 miliar tersebut bersumber dari pergeseran anggaran di APBD Murni Inhu tahun 2020, seperti dari anggaran perjalanan dinas dan kegiatan lainya yang dinilai tidak prioritas seperti sosialisasi dan lainya," ujarnya.

Dari nilai Rp 90,2 milar yang telah dianggarkan Pemkab Inhu guna pencegahan dan penanggulangan Covid-19, Gugus Tugas Kesehatan mendapat alokasi dana sebesar Rp 46 miliar. Dimana alokasi dana tersebut selain untuk operasional RSUD Indrasari Rengat dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19, juga dialokasikan untuk insentif tenaga kesehatan baik di RSUD Indrasari maupun di Puskesmas yang ada di Inhu serta tenaga surveilence.

"Anggaran Rp 90,2 miliar ini dialokasikan untuk pencegahan dan penanggulangan mulai dari penyemprotan hingga pemakaman, jadi dalam anggaran ini kami simulasikan seakan-akan sudah ada yang meninggal. Dimana dari pemandian hingga pemakaman semua ada dalam Rp 90,2 miliar ini. Begitu juga bila Covid-19 ini mengalami peningkatan kami juga sudah simulasikan tempat-tempat dan peralatan yang dibutuhkan. Jadi semua sudah tercover dalam anggaran Rp 90,2 miliar tersebut," ungkapnya.

Ditambahkanya, setelah penjabaran anggaran penanganan dan penanggulangan Covid-19 yang telah dianggarkan sebesar Rp 90,2 miliar ini selesai, pihaknya akan menyurati DPRD Inhu untuk pemberitahuan. Karena sesuai aturan pergeseran anggaran untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19 inj tidak harus dibahas di DPRD Inhu. Jelasnya. * (guh)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang