Kamis, 2 April 2020 08:25

Cegah Karlahut dan Covid 19, Asian Agri Bersama MPA Terapkan Social Distancing dan Digital Technologi

Upaya pencegahan Karlahut di tengah pendemi Covid 19 terus dilakukan. Asian Agri bersama MPA dan DBA terapkan Social Distancing dan technologi digital.

Riauterkini-PEKANBARU- Memasuki musim kemarau dan mengantisipasi munculnya hotspot di beberapa lokasi, Asian Agri bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Crew Leader Desa Bebas Api (DBA) tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas memantau dan menjaga agar desa terbebas dari kebakaran di tengah pandemi Covid-19.

Hafiz Hazalin Sinaga, Manajer Program Desa Bebas Api Asian Agri, Kamis (2/4/20) menjelaskannya bahwa koordinasi dan pemantauan di lokasi dilakukan dengan menggunakan teknologi digital melalui gawai masing-masing anggota MPA dan Crew Leader DBA.

Dengan mempertimbangkan dan memperhatikan arahan pemerintah saat ini untuk menerapkan social distancing sementara waktu, maka tim fire Asian Agri masih tetap melakukan upaya pencegahan karhutla melalui komunikasi intensif dengan para Crew Leader DBA memanfaatkan Grup WhatsApp DBA serta kontak melalui telepon seluler.

“Kami saling memberikan update atau laporan terkini dalam satu jam sekali atau tergantung kondisi sinyal di lapangan. Penggunaan teknologi digital sangat efektif karena kordinasi dengan tidak hanya melalui tulisan, namun dilengkapi gambar/foto kegiatan mereka di lapangan,” ujar Hafiz.

Untuk memastikan keakuratan titik pelaporan, Hafiz menjelaskan bahwa tim DBA juga menggunakan aplikasi yang tersedia seperti map dan titik koordinat.

“Pengiriman gambar kegiatan Crew Leader patroli yang dilengkapi posisi koordinat memudahkan kami melakukan pengecekan atau menindaklanjuti dengan tim yang terdekat dengan lokasi. Selain itu kelengkapan dasar untuk pemantauan menjadi perhatian setiap anggota MPA dan Crew Leader. Protokol dasar bagi tiap anggota adalah termasuk mengenakan masker yang mereka miliki secara pribadi, helm, dan setiap selesai patroli mereka harus mencuci tangan dengan sabun," ujar Hafiz.

Hafiz juga menegaskan bahwa kordinasi pencegahan karlahut juga tetap berjalan dengan pihak Kepolisian/TNI dan aparat pemerintah, sehingga dalam kegiatan patroli tim DBA mendapat arahan dan pendampingan yang sesuai dengan ketentuan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sebagai anggota dari Fire Free Alliance (FFA), Asian Agri secara aktif melaksanakan program Desa Bebas Api (DBA) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang bertujuan untuk memberdayakan dan mendorong desa menerapkan kebijakan tanpa bakar dalam mengelola lahan serta menjaga desa terbebas dari api.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang