Rabu, 1 April 2020 16:27

BBKSDA Riau Terima 10 Satwa Dilindungi

10 satwa dilindungi hasil operasi TSL diserahkan ke BBKSDA Riau. Satwa tersebut kini diobservasi di klinik transit BBKSDA Riau.

Riauterkini-PEKANBARU - Balai Besar KSDA Riau Rabu (1/4/20) menerima satwa titipan dari Seksi Wilayah II, Balai Gakkum Wilayah Sumatera berupa 2 ekor owa dan 2 ekor Lutung.

4 satwa tersebut menurut Kepala BBKSDA Riau, Suharyono merupakan hasil dari operasi penertiban TSL (Tanaman dan Satwa Liar) Balai Gakkum LHK Wilayah II Sumatera yang digelar pada Senin, (30/12/19) di Jalan Lintas Pekanbaru – Sungai Pagar, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Saat operasi penertiban tersebut, tambahnya, ditemukan kegiatan perdagangan sebanyak 2 ekor owa dan 2 ekor Lutung serta berhasil mengamankan seseorang berinisial TA (26 Th) namun 3 orang pelaku lainnya yang merupakan sumber awal satwa melarikan diri.

Kemudian dilakukan penyisiran ke rumah tersangka dan dilakukan penyitaan di rumah yang bersangkutan dan berhasil ditemukan dan diamankan 1 ekor Lutung dan 1 ekor Owa. Sedang dirumah lainnya diamankan 1 ekor Owa dan 3 ekor Kera ekor panjang serta 1 buah motor.

"Saat ini barang bukti berupa Owa ( 4 ekor), Lutung ( 3 Ekor) dan Kera Ekor Panjang ( 3 Ekor) telah dititipkan ke Balai Besar KSDA Riau untuk diobservasi di klinik transit Balai Besar KSDA Riau dikarenakan satwa masih kecil dan bahkan ada yang masih bayi yaitu 1 Owa dan 1 Lutung," terang Suharyono.

Terhadap 3 Kera ekor panjang, Suharyono menyatakan jika memungkinkan akan segera dilakukan pelepasliaran mengingat satwa tersebut tidak dilindungi sedang untuk satwa dilindungi lainnya masih dititipkan di Balai Besar KSDA Riau sebagai barang bukti.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang