Rabu, 1 April 2020 14:01

Terapkan Banyak Syarat, PA Bengkalis Tetap Gelar Sidang Cerai Keliling Saat Pandemi Corona

Pengadilan Agama Bengkalis tetap gelar sidang cerai keliling saat corona merebak, namun terapkan sejumlah syarat.

Riauterkini - DURI - Meski dikepung badai penyebaran Covid - 19, namum pelaksanaan sidang cerai keliling yang ditaja Pengadilan Agama (PA) Kabupaten tetap berlangsung dengan sejumlah syarat kepada pesertanya. Syarat tersebut diantaranya peserta harus memakai masker, sebelum masuk ruang tunggu harus mencuci tangan dan menggunakan Hand Sanitizer, masuk ruang tunggu bergantian dan tidak boleh ada penumpukan dan jarak duduk sosial distancing.

Hal tersebut diungkapkan Kepala PA Bengkalis, Khoiriyah Roihan S.Ag, MH, Rabu (1/4/20)." Karena sejumlah perkara ini sudah terdaftar jauh hari sebelumnya, maka wajib bagi pengadilan untuk menyelesaikan  perkara tersebut, jika ditunda terlalu lama bisa menyalahi atura. Jika ada pihak yang tidak patuh aturan, perkaranya akan ditunda dan dilanjutkan ke Bengkali,"ancamnya.

Dikatakan Khoiriyah, namun khusus untuk penerimaan perkara sementara waktu dihentikan hingga usai lebaran temasuk sidang keliling. Jika ada para pihak yang ingin tetap berperkara silahkanajukan sendiri ke Bengkalis dan sidang ke Bengkalis atau sabar menunggu hingga usai lebaran.

"Tugas kami adalah pelayanan, pelayanan hanya bisa dibatasi tapi tidak bisa dihentikan. Karena perkara sudah terdaftar jauh hari sebelumnya. Kecuali jika pihaknya langsung yang mencabut perkara itu, baru bisa terhenti perkaranya disidangkan. Saya minta media untuk bijak mensikapi ini dan menyampaikan berita dengan lurus. Karena kami bekerja atas dasar pengabdian, melayani kebutuhan  para pihak. Ibaratnya orang sakit, perlu obat. Kami sebagai dokter harus mengobati, kecuali orang itu sendiri yang menolak untuk diobati dan lari dari rumah sakit,"paparnya.*(hen)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang