Selasa, 31 Maret 2020 14:32

Ini Penyebab Jumlah ODP Covid-19 di Kabupaten Rohul Terus Bertambah

Ada beberapa faktor penyebab bertambahnya ODP Covid-19 di Kabupaten Rohul. Salah satunya, warga berada di luar daerah pulang kampung.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Berdasarkan data update Pemkab Rokan Hulu (Rohul), sampai Senin (30/03/2020) sore, jumlah orang dalam pengawasan (ODP) virus corona atau Covid-19 cenderung bertambah, meski sampai saat ini belum ada yang dinyatakan positif.

Dengan mengusung konsep "Satu Data Covid 19 Rokan Hulu", berbagai langkah penanganan terus dilakukan oleh Pemkab Rokan Hulu bersama pihak terkait, termasuk melibatkan TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, dan instansi lainnya.

Seperti pada Selasa (31/03/2020), Bupati Rokan Hulu H Sukiman, bersama pihak TNI dan Polres Rokan Hulu melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa lokasi, upaya memutus mata rantai virus corona.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rokan Hulu Drs Yusmar M.Si, mengungkapkan bertambahnya jumlah ODP corona berdasarkan data sumber informasi rekapan surveilens penanganan Covid-19 dari RSUD Rokan Hulu yang dirangkum oleh para Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan, seluruh Kepala Puskesmas, dan rekapan Dinkes Rokan Hulu.

Yusmar mengaku jumlah ODP di Kabupaten Rokan Hulu bertambah menyusul tidak sedikit warga yang kembali dari luar daerah.

"Total jumlah ODP saat ini sekitar 1.280 orang," ungkap Yusmar, Selasa.

Kenaikan jumlah ODP, ungkap pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rokan Hulu ini, pada tanggal 29 Maret 2020 terdata 1.044 orang, dan pada Senin 30 Maret 2020 jumlahnya bertambah menjadi 1.280 orang.

"Jumlah (ODP) mengalami penambahan 226 orang, dan diperkirakan masih terus bertambah karena ada warga pulang ke kampungnya, seperti pelajar dan mahasiswa akibat sekolah dan kuliah dialihkan ke rumah beberapa waktu lalu," ungkap mantan Kepala Disparbud Kabupaten Rokan Hulu ini.

Selain pelajar dan mahasiswa, kata Yusmar, ada juga warga sipil yang bekerja tidak tetap di luar daerah dan kembali ke Rokan Hulu, adanya kunjungan keluarga dan famili.

Berdasarkan informasi, terang Yusmar, ada karyawan perusahaan swasta yang keluar masuk Rokan Hulu, dan ada warga yang baru pulang dari Malaysia.

Penambahan jumlah ODP, papar Yusmar, juga dikarenakan semakin aktifnya Tim Gugus Tugas Pemda Rokan Hulu yang bekerja sampai ke desa-desa dan kampung, serta tingginya partisipasi masyarakat di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

"Kita nilai kesadaran masyarakat meningkat untuk melaporkan dan berkoordinasi dengan petugas," ujarnya.

Selain ODP, sambung Yusmar, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Rokan Hulu sendiri ada sekitar 5 orang, dan kelima ya masih menunggu hasil tes pemeriksaan selama 14 hari.

Dari 5 PDP tersebut, tambah Yusmar, 1 orang sudah diambil dua kali sampel, 4 orang lagi baru satu kali sampel, pasien dirawat di RSUD Rokan Hulu sendiri ada 4 orang, dan seorang lagi dirawat di Rumah Sakit Awal Bros Ujung Batu.***(zal)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang