Selasa, 31 Maret 2020 09:38

Terima Surat Komisi II DPR RI, KPU Kuansing Siap Tunda Pilkada 2020

KPU Kuansing telah menerima surat rekomendasi Komisi II DPR RI. Siap menunda Pilkada 2020.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuantan Singingi, mengakui telah menerima surat hasil rapat Komisi II DPR RI terkait penundaan Pilkada serentak tahun 2020.

"Ya sudah sampai ke kita di KPU persis sama (surat dimaksud). Untuk resminya masih menunggu," ujar Irwan Yuhendi, Ketua KPU Kuansing, Senin (30/3/2020) tadi malam.

Kemudian mengenai penetapan jadwal berikutnya, ia belum mengetahui, sebab KPU menunggu arahan pusat. "Kita tetap menunggu keputusan dari pusat," jawabnya.

  Sementara, terkait penundaan Pilkada serentak ini, sebelumnya Komisi II DPR RI melakukan rapat bersama menteri dalam Negeri, KPU dan Bawaslu serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum.

Melalui rapat tersebut, ada 4 poin yang dihasilkan, pertama melihat perkembangan Pandemi Covid - 19 saat ini yang belum terkendali, demi mengedepankan keselamatan masyarakat.

Maka atas dasar itu, Komisi II DPR RI  menyetujui penundaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 yang belum selesai dan belum dapat dilaksnakan.

Selanjutnya pada poin kedua disetujui, untuk pelaksanaan Pilkada lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, Pemerintah dan DPR.

Dengan penundaan Pilkada serentak tahun 2020 pada poin tiga ini, Komisi II DPR RI meminta pemerintah untuk menyiapkan payung hukum berupa peraturan pemerintah pengganti undang - undang (PERPPU).

Terakhir, dengan ditundanya Pilkada maka Komisi II meminta seluruh kepala daerah yang akan melaksanakan Pilkada merelokasikan dana Pilkada yang belum terpakai untuk penanganan Pandemi Covid - 19.

Kemudian, tanda disetujuinya hasil rapat dan menyepakati 4 poin, pihak yang hadir menandatangani surat tersebut, mendagri ditandatangani Muhammad Tito Karnavian, MA. Ph.D Ketua Rapat Dr. H. Achmad Doli Kurnia Tanjung S.Si. MT Ketua KPU Arif Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, SH. MH dan Plt. DKPP Prof. Dr. Muhammad, M.Si.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang