Senin, 30 Maret 2020 17:00

Bengkalis Dapat Jatah 612 Alat Tes Cepat Corona dan APD 5 Set

Bengkalis memperoleh bantuan sebanyak 612 alat tes cepat atau rapid test terpapar virus corona dari Pemerintah Pusat. Sedangkan APD hanya 5 set. 

Riauterkini-BENGKALIS- Kabupaten Bengkalis memperoleh bantuan 612 unit alat rapid test atau alat tes cepat virus corona (covid-19)  dari Pemerintah Pusat. Bantuan tersebut diserahkan oleh Pemerintah Provinsi dan sudah dijemput petugas, direncanakan akan segera digunakan.

Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan sebanyak 612 unit alat rapid test. Tentunya ini akan sangat membantu dalam melakukan  identifikasi penyebaran covid-19,” ujar Plh. Bupati Bengkalis, H. Bustami HY kepada wartawan, Senin (30/3/20).

Didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Imam Subchi dan Kadis Sosial Bengkalis, Hj. Martini, Bustami mengatakan, mengingat jumlahnya yang terbatas, maka penggunaan alat tersebut akan diprioritaskan untuk orang-orang yang  berpotensi terpapar virus covid-19.

“Seperti para perawat kita yang sehari-hari  berhubungan dengan pasien (PDP, red),” ujar Bustami.

Bagaimana dengan orang dalam  pemanatauan (ODP), Bustami menyebutkan, untuk ODP mengingat jumlah alat tidak sebanding dengan ODP yang terdata, maka untuk penggunaannya akan seselektif mungkin.

“Ini nantinya tim gugus yang tahu, siapa-siapa ODP yang akan dilakukan uji,” katanya lagi.

Selain alat rapid test,, Kabupaten Bengkalis juga  mendapatkan bantuan alat pelindung diri (APD). Jumlah sangat terbatas hanya 5 set. Namun demikian, ini sudah cukup membantu untuk menambah APD yang sudah ada.

“Di rumah sakit kita sudah ada juga APD, jadi ini untuk menambah kekurangan,” imbuhnya.***(dik)

Foto : Ilustrasi rapid test

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang