Jum’at, 27 Maret 2020 08:33

Kini di Inhil 114 Warga ODP Covid-19

Tim penanggulangan Virus Covid-19 Kabupaten Inhil terus bekerja. Kini ada 114 warga masuk ODP.

Riauterkini-TEMBILAHAN-Sehubungan dengan perkembangan penyebaran Covid-19 Indragiri Hilir hari ini, Kamis 26 Maret 2020 dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

I. Posko Gugus Tugas Penanganan Pencegahan covid-19 kab. Inhil telah memiliki media informasi melalui beberapa sarana, website https://covid19.inhilkab.go.id untuk menyampaikan kondisi pasien yang positif terpapar Covid-19 secara realtime dan call center 0822 8681 0123.

II. Sampai pukul 16.30 WIB, dapat kami informasikan, bahwa warga inhil yang telah dinyatakan PDP bertambah 1 (satu) orang rujukan dari pulau kijang, sehingga jumlah seluruhnya 2 (dua) orang, sementara Data total Orang Dalam Pemantauan (ODP) 114 Orang

III. Saat ini seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting dalam upaya penangangan pencegahan covid-19

1. Bidang Areal dan transportasi A. Laut :

- kedatangan very dr prop kepri ke pelabuhan laut Tembilahan Penumpang yg di screening : 63 org. Odp : 0

- Kedatangan Ferry dari Prop Jambi (Kuala Tungkal) dan Kepri pelabuhan laut Pulau Kijang : Penumpang yg di screening : 44 orang. ODP :0

- Kedatangan Ferry dari Propinsi Kepri dan Jambi ke Pelabuhan Laut Kuala Enok, jumlah penumpang yang discreening : 71 org. ODP : 0

- Jumlah kedatangan penumpang dari Propinsi Kepri, Propinai Riau, Jambi (Kuala Tungkal) Pelabuhan Laut Sungai Guntung. Jumlah orang yang discreening Covid : 210 orang ODP. : 1. Tks. 5.jlh ked penumpang yg di screening di pel p.burung : 56 org. Odp : 0

B. Darat :

Beberapa hari hingga sampai sore ini, penumpang dan masyarakat yg sudah di periksa di Terminal berjumlah 1909 orang dan terdapat satu orang yang memiliki suhu badannya 38,2 derajat pada hari minggu yg lalu dan telah ditangani oleh pihak medis.

Dengan kondisi nasional yang ada saat ini, perkembangan Covid-19 sangat signifikan, untuk itu Bupati Inhil menghimbau kepada masyarakat:

1. Seluruh pemilik dan pelaksana usaha tempat hiburan seperti Warnet, Karaoke, Permainan Biliard, dan tempat hiburan lainnya untuk menutup sementara waktu segala aktifitas operasionalnya, sampai kondisi membaik dan terkendali.

2. Seluruh pemilik usaha transportasi dan angkutan umum, agar melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan Desinfektan secara rutin pada alat trasnportasi dan angkutan umum masing masing, serta menyediakan hand sanitizer dan masker pada setiap alat transportasi dan angkutan umum yang di miliki.

3. Kepada seluruh kantor, baik pemerintah ataupun swasta, agar melakukan penyemprotan desinfektan, menyediakan hand sanitizer serta masker di kantor masing masing, serta tidak mengadakan kegiatan kegiatan berkumpul, melakukan pertemuan atau rapat rapat secara langsung, namun di ganti dengan pertemuan atau rapat rapat melalui aplikasi aplikasi online yang ada.

4. Kepada pasangan calon pengantin, diminta cukup menyelenggarakan akad nikah lebih dulu tanpa keramaian, sedangkan penyelenggarakan pesta pernikahan agar ditunda sementara waktu.

5. Serta menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat membatasi kegiatan keluar rumah, baik kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul, pelaksanaan ibadah, majlis taklim, dan peringatan peringatan keagamaan lainnya.sebaiknya dilakukan dirumah saja.

6. Untuk tetap terus memperhatikan Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta menjaga kebersihan rumah, lingkungan, rumah ibadah, serta fasilitas umum lainnya, serta selalu mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, mengunakan masker bila batuk dan pilek, mengkonsumsi gizi seimbang dengan memakan buah dan sayur. -hati hati kontak dengan hewan, -rajin olahraga dan istirahat cukup, -jangan mengkonsumsi daging yang tidak masak, -bila batuk, pilek dan sedak napas, segera bawa diri anda ke fasilitas kesehatan terdekat.

Dari semua ikhtiar tersebut, tetaplah kita berserahdiri kepada Allah SWT dan mari saling bahu membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi.

Tim Gugus Tugas beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua unsur masyarakat, yang dengan segala potensinya mencurahkan energinya demi maayarakat Indragiri Hilir, Semoga apa yang dilakukan dapat pahala dari Allah SWT. ***(mar).

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang