Jum’at, 27 Maret 2020 08:15

Pemkab Kuansing Bantah Hoax Penutupan Pasar Modern Telukkuantan

Beredar kabar Pasar Modern Telukkuantan akan ditutup demi cegah Virus Corona. Pemkab Kuansing memastikan itu hoax.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, melalui Dinas Koperasi dan UKM memastikan isu penutupan Pasar Modern adalah hoax.

Isu ini sempat beredar di kalangan para pedagang baik yang datang dari luar daerah maupun yang ada di Kota Telukkuantan, akibat merebaknya virus corona saat ini.

Kadis Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar, melalui keterangan resminya memastikan isu itu adalah hoax atau tidak benar.

"Di medsos juga sempat beredar isunya, bahwa pasar modern akan ditutup Ahad ini, bahkan ada juga laporanya sampai ke saya kita pastikan itu tidak benar," tegasnya.

Hingga saat ini kata Azhar, Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian belum ada mengeluarkan kebijakan untuk menutup Pasar.

"Mengenai info hoax ini, setelah kita telusuri, ternyata pedagang cerita dari orang yang turun dari mobil bahwa pasar akan tutup, itu menurut keterangan pedagang ke kita," terang Azhar.

Untuk maslah ini, Azhar, menghimbau kepada seluruh para pedagang untuk tidak muda percaya, ia menyampaikan agar masalah ini percayakan saja kepada pemerintah dan aparat negara.

Sebab menurutnya, dengan situasi saat ini bisa saja muncul trik para spekulan agar masyarakat terdorong untuk membeli Sembako sebanyak-banyaknya.

"Jika masyarakat terpancing dan termakan isu ini, maka akan merugikan masyarakat sendiri, untuk masalah ketersediaan bahan pokok ini masyarakat tak usah ragu, sebab stok sembako setelah kami cek tersedia hingga sampai ramadhan," jelas Azhar.

Maka dari itu, ia juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan maupun kenyamanan bagi pembeli serta keamanan dengan tetap melanjutkan aktifitas seperti biasanya.

Kemudian, dengan kondisi dunia saat ini, berjangkitnya virus Corona, Azhar, menyarankan, supaya pedagang menyediakan handsanitizer untuk konsumen sebagai bentuk upaya pencegahan covid - 19 sehingga akan menimbulkan kenyaman bagi pembeli dan pedagang sendiri.

Sementara Pemerintah sendiri menurutnya, untuk mencegah penularan Covid - 19 ini, jug berupaya melindungi pedagang dan konsumen, karena kemarin pihak dinas kesehatan dan Satpol PP telah mensterilkan pasar modern dengan menyemprot cairan disinfektan. Bahkan penyemprotan desinfektan ini mendapat kawalan langsung dari Bupati Kuansing, H. Mursini.

Sekali lagi ia memastikan pasar tidak benar ditutup untuk itu ia menghimbau masyarakat supaya tetap tenang, tetap di rumah, kemudian kalau keluar rumah cukup jika ada keperluan yang mendesak seperti pergi ke pasar.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang