Kamis, 26 Maret 2020 16:01

Cegah Corona, Tahap II dan Pengambilan E Tilang di Kejari Pekanbaru Secara Online.

Kejari Pekanbaru menerapkan layanan online untuk tahap II dan pengambilan e-Tilang. Langkah cegah Virus Corona.

Riauterkini-PEKANBARU- Proses tahap dua (II) oleh penyidik kepolisian kepihak kejaksaan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P21). Tidak lagi dilaksanakan secara langsung seperti biasanya. Mulai hari ini, Kamis (26/3/20) proses tahap dua di Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, dilakukan secara online. Hal itu dilakukan guna menekan penyebaran virus Corona (covid-19).

Biasanya, penyidik kepolisian pada proses tahap II menyerahkan barang bukti beserta tersangkanya. Namun, hari ini setelah diterapkan secara online. Penyidik hanya menyerahkan berkas dan barang bukti saja kepada jaksa penuntut. Sedangkan tersangka tetap dilakukan penahanan di ruang tahanan pihak kepolisian..

Kasi Pidum Kejari Pekanbaru, Robi Harianto SH kepada riauterkini.com pada pelaksanan proses tahap II tadi mengatakan, bahwa hari ini telah dilaksanakan proses tahap dua secara online. .

" Proses tahap II tadi, penyidik hanya menyerahkan (mengantarkan) barang bukti dan berkas perkara saja. Sementara, untuk penyelesaian proses administrasinya antara penyidik dengan jaksa penuntut, dilaksanakan secara teleconfrence," terang Robi..

Sedangkan untuk penyerahan tersangkanya. Mulai hari ini sampai batas yang belum dapat ditentukan, atau sampai wabah Corona dinyatakan aman. Tersangka yang berkas perkaranya sudah tahap dua. Tersangka tetap berada di sel tahanan kepolisian. Sebab, pihak rumah tahanan (Rutan) belum bisa menerima tahanan baru, mengingat mewabahnya virus Corona ini ," terangnya..

Dikatakan Robi, selain proses tahap dua dilakukan secara teleconfrence (online). Pihaknya juga menerapkan pengambilan E Tilang di Kejari Pekanbaru juga dilakukan secara online..

" Bagi para pengendara yang terkena tindak pelanggaran. Pihak kejaksaan akan melayani pelanggar dengan cara para pelanggar terlebih dahulu menghubungi pegawai/ petugas di Kantor Kejari Pekanbaru melalui hand phone dengan nomor 0822 6824 6830, atau dapat menghubungi nomor WA 0812 9200 6553," kata Robi.

Selanjutnya, Foto surat bukti pelanggaran, kemudian petugas akan mengirimkan no Briva untuk pembayaran ke Bank BRI. Setelah dilakukan pembayaran, pelanggar mengirim kembali struk pembayaran beserta surat tilang ke petugas. Dan pelanggar mengirimkan alamat lengkap kepada petugas, agar barang bukti dapat di Go Send (Gojek) dan biaya pengiriman ditanggung pelanggar," jelas Robi.

Untuk pengambilan bukti pelanggaran ini, kata Robi lagi. Pelanggar dapat melakukan pengambilan pada jam pelayanan tiap hari, Senin hingga Jum'at mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB," imbuh Robi.***(har)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang