Kamis, 26 Maret 2020 15:21

Cegah Corona, Video Daring Solusi Penegak Hukum di Bengkalis Sidangkan Terdakwa

Aparat penegak hukum sepakati melakukan proses sidang dengan video daring. Cara ini ditempuh sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Riauterkini-BENGKALIS- Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19, aparat penegak hukum, kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Bengkalis sepakat melakukan proses persidangan dengan cara penggunaan video dalam jaringan (daring) sebagai salah satu solusi.

Keputusan tersebut setelah para pimpinan penegak hukum yakni, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis, Edi Mulyono, Bc IP, S.Sos, Kepala Kejari Nanik Kushartanti, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Rudi Ananta Wijaya, S.H, M.H, Waka Polres, Rony Syahendra, S.I.K serta beberapa Kepala Dinas melakukan rapat koordinasi, Rabu (25/3/20) kemarin.

Petermuan tersebut terkait dengan langkah-langkah yang harus diputuskan bersama terkait dengan tugas sehari hari.

"Ya kita lakukan koordinasi terkait dengan pelaksanaan tugas sehari-hari, untuk pencegahan penyebaran virus corona," ungkap Kalapas Kelas IIA Bengkalis Edi Mulyono.

Beberapa kebijakan yang akan diambil antara lain, penundaan sidang di pengadilan, penundaan penitipan tahanan baru, penundaan pelimpahan tahanan baru dan disepakati mulai dilaksanakan Senin (30/3/20) pekan depan.

Akan dicoba sidang perdana melalui video daring atau video conference, sidang dilaksanakan di Lapas, sementara majelis hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) berada di kantor masing masing.

"Untuk penitipan ke Lapas disepakati setelah P21, sedangkan untuk ruang sidang bagi terdakwa disiapkan ruang kunjungan yang sudah dilengkapi dengan layar lebar dan proyektor," kata Mulyono lagi.

Ditambahkan Kepala Kajari Bengkalis, Nanik Kushartanti sidang dengan video daring tersebut ditempuh sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, tetap menjaga social distancing, dan disetujui secara bersama-sama.

"Perangkatnya menggunakan monitor dan aplikasinya akan disiapkan, Senin nanti akan dicoba pelaksanaannya, dan semoga tidak ada masalah," harapnya.***(dik)

Foto : Rapat pertemuan membahas kesepakatan penegak hukum, diantaranya persidangan dengan video daring akan dicoba pekan depan.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang