Kamis, 26 Maret 2020 07:29

Jumlah ODP Covid - 19 di Kuansing Bertambah Jadi 29 Orang

Jumlah warga Kuansing yang masuk OPD Virus Corona. Kini jadi 29 orang.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, melalui Dinas Kesehatan menyampaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid - 19 atau virus Corona meningkat menjadi 29 orang dari 14 orang sebelumnya.

Demikian disampaikan Plt. Kadis Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi, kepada Wartawan, Rabu (25/3/2020) malam.

Lewat keterangannya, dari jumlah ODP yang tersebar sebelumnya di 6 Kecamatan, sekarang bertambah menjadi 9 Kecamatan.

Kecamatan terbanyak berstatus ODP masih berada di Kuantan Tengah, karena merupakan Kota Kabupaten, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak.

Sebutnya, Kecamatan yang belum berstatus ODP Kecamatan Kuantan Hilir, Benai, Inuman, Hulu Kuantan, Pucuk Rantau dan Logas Tanah Darat.

Sedangkan yang berstatus ODP Cerenti, Kuantan Hilir Seberang, Pangean, Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Gunung Toar dan Kuantan Mudik.

Ia menjelaskan, penyebab dari ODP ini kata Helmi, akibat baru datang dari luar negeri serta keluarga yang kontak dengan orang berstatus ODP ini.

Namun, menurutnya bagi mereka yang berstatus ODP terus dipantau secara maksimal oleh petugas kesehatan. Dan perlu difahami kata dia, orang berstatus ODP belum positif terjangkit virus Corona.

Sejauh ini menurutnya, di Kuansing, sendiri belum ada orang berstatus PDP atau positif tertular virus Corona, sungguhpun demikian ia berharap tidak ada hendaknya warga yang terpapar.

Untuk itu, ia menghimbau masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah tentang pencegahan virus, terutama menjaga kebersihan lingkungan, menghindari kermaian dan lain sebagainya.

Selain itu, ia juga minta warga yang ingin melapor kasus Corona disarankan langsung ke petugas kesehatan yang ada di desa atau ke Puskesmas terdekat.

"Sehingga nantinya, hasil observasi akan menentukan tindakan lanjutan yang akan dilakukan pihak medis," ungkapnya.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang