Rabu, 25 Maret 2020 23:47

Diskominfo Rohul Klaim Jumlah ODP Covid-19 Menurun, Kantor PMI Ikut Dijadikan Posko

Diskominfo klaim jumlah orang dalam pengawasan (ODP) virus corona atau Covid-19 menurun. Berbagai upaya dilakukan dalam memutus mata rantai, termasuk merubah Kantor PMI sebagai Posko.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) terus saja melakukan berbagai langkah tanggap dalam upaya memutus manta rantai virus corona atau Covid-19.

Apalagi wabah virus corona yang semakin mengkhawatirkan semua daerah di Indonesia juga telah menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Riau, serta kabupaten/ kota sesuai arahan Presiden Ir. H. Joko Widodo dilanjutkan oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si. Mensikapi hal tersebut, Pemkab Rokan Hulu juga sudah membentuk tim Satgas, menyediakan tempat pelayanan informasi satu pintu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Rokan Hulu dan Posko Covid-19 dipusatkan di Kantor PMI Jalan Diponegoro Kelurahan Pasirpengaraian, Kacamatan Rambah dengan nomor kontak di 119 dan nomor Handphone 085265577004.

Hal tersebut dikatakan Bupati Rohul H. Sukiman melalui juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 juga menjabat Kepala Diskominfo Kabupaten Rokan Hulu Drs Yusmar M.Si, Rabu (25/3)2020).

Yurmar mengatakan berkat kerja keras Satgas yang telah dibentuk serta menindaklanjuti Surat Edaran Bupati, sementara ini di Kabupaten Rokan Hulu belum terdeteksi ada warga terindikasi atau terjangkit cirus corona.

"Kita berharap agar seterusnya tidak ada virus corona di Rohul. Mari kita semua ikut berdoa dan melaksanakan surat edaran imbauan pak Bupati Rohul H Sukiman," sampai Yusmar, Rabu.

Pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rokan Hulu ini mengaku ada beberapa Orang Dalam Pengawasan (ODP), berdasarkan sumber Dinas Kesehatan (Diskes) Rokan Hulu, orang tanpa terkecuali masuk ke Rohul dari daerah terinfeksi corona, tertanggal 22 Maret 2020 ada 110 orang, pada 23 Maret 2020 ada 91 orang, pada 24 Maret 2020 ada 90 orang, dan hingga kini ODP diklaim menurun.

Yusmar mengtakan Pemkab Rokan Hulu telah mengambil nyata langkah dalam meminimalisir penularan Covid-19, seperti berupa imbauan dan instruksi Bupati Rohul kepada pemerintahan di semua tingkatan, baik kecamatan dan Upika, termasuk Kapolsek dan Danramil serta Puskesmas, Satpol PP dan Damkar juga unsur terkait lainnya.

Bukan itu saja, pemerintahan desa, dusun, RW dan RT, pemuka agama, adat dan pemuka masyarakat juga dilibatkan, termasuk awak media yang bertugas di Kabupaten Rokan Hulu untuk ikut mensosialisasikan ke masyarakat.

Pemkab Rokan Hulu juga telah membentuk Gugus Kendali Covid-19 Tingkat Kabupaten melibatkan semua unsur pemerintah, seperti Polres, Kodim 0313/KPR, Forkopimda, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Direktur RSUD, Diskomifo, BPBD dan lainnya.

Tim gabungan Covid-19 di daerah perbatasan juga sudah dibentuk, seperti di perbatasan antara Kabupaten Rokan Hulu-Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan di Simpang TB Kecamatan Kabun, tim di Kecamatan Bonai Darussalam-Duri, tim di Mahato Kecamatan Tambusai Utara yang berbatasan dengan Provinsi Sumut, sebagai upaya pengawasan orang masuk ke Kabupaten Rokan Hulu.

Pengawasan, imbauan dan pembagian masker ke masyarakat juga dilakukan petugas, termasuk Bupati Rokan Hulu Sukiman bersama Forkompinda dan dinas instansi terkait juga ikut serta membagikan sebanyak 6.000 masker gratis kepada masyarakat.

Penyampaian pengumuman ke masyarakat melalui mobil dan motor yang menggunakan pengeras suara juga rutin dilakukan di tempat umum dan pasar dan khalayak ramai.

"Kita dari Tim Satgas hingga kini terus melakukan pemantauan dan sosialisasi pencegahan Covid-19 atau virus corona ini kepada seluruh masyarakat Rohul," Sampai Yusmar.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu H Abdul Haris S.Sos, M.Si yang mewakili Bupati mengungkapkan Pemkab Rokan Hulu komitmen dalam mengantisipasi pencegahan Covid-19, seperti mengeluarkan SE terkait pencegahan dan penyebarluasan Covid-19, meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah, melarang ASN keluar daerah, menyampaikan SE ke seluruh perusahaan, dan langkah lainnya.

"Pemkab juga rutin melakukan Sosialisasi ke masyarakat melalui baliho, media, maupun lewat radio milik Pemerintah Daerah Radio Swara Lima Luhak dan Radio Islamic Center Rohul dan menetapkan informasi satu pintu terkait Covid-19 di Media Center Diskominfo Rohul," ungkap Abdul Haris.

Pada penanganan Covid-19, sambung Sekda, Pemkab Rokan Hulu juga telah menyiapkan Posko terpadu di kantor PMI Rokan Hulu dan empat rumah sakit yang siap melayani Covid-19 serta telah disediakan sepuluh kamar isolasi di RSUD Rokan Hulu.

Selain itu, tiga rumah sakit swasta juga telah disiapkan Pemkab Rokan Hulu untuk menangani wabah ini, seperti RS Awal Bross Ujung Batu, Rs Az-Zahra Ujung Batu, RS Surya Insani Pasirpengaraian, dan memanfaatkan shelter BPBD Rokan Hulu serta ruangan VIP RSUD Rohul sebagai cadangan Isolasi.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Kapolres dan pejabat Forkompinda Rokan Hulu ketika meninjau Gugus Kendali Covid-19 Tingkat Kabupaten dan ikut membagikan ribuan masker gratis ke masyarakat.



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang