Rabu, 25 Maret 2020 20:47

Antisipasi Corona, Polda Riau Semprot Disinfektan Pemukiman Warga

Menggunakan Drone Spraying khusus Polda Riau semprot cairan disinfektan ke pemukiman warga. Sebagai langkah antisipasi virus corona.

Riauterkini - PEKANBARU - Kepolisian Daerah Riau, lakukan penyemprotan carian disinfektan terhadap pemukiman warga, Rabu (25/03/20). Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah Riau.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, SH, MSi melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto mengatakan, penyemprotan disinfektan menggunakan drone, merupakan bagian dari Operasi Aman Nusa II dalam penanganan penyebaran Covid-19. Dan penggunaan Drone Spraying untuk kegiatan disinfektan ini merupakan hal yang pertama dilakukan.

"Polda Riau selalu berinovasi guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, apalagi masyarakat kecil. Dalam penanganan Covid-19 ini, kita harus memprioritaskan dan mendahulukan kemanusian, keselamatan masyarakat lebih utama dibandingkan lainnya," katanya.

Penyemprotan menggunakan drone ini menyasar ratusan rumah sepanjang Jalan Pangeran Hidayat. Polda Riau juga lakukan hal serupa di Jalan Nelayan, Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai serta Jalan Pesisir, Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai Pesisir.

Saat penyemprotan cairan disinfektan gunakan drone semprot, Polda Riau juga mengerahkan drone lainnya jenis DJI Mavic 2Enterprise Dual Camera dilengkapi dengan wiriless speaker digunakan agar warga membuka pintu dan jendela. Selain itu, juga diturunkan drone DJI Matrice 210 V2.

Sementara, sekali terbang drone penyemprot mampu membawa 15 liter cairan disinfektan. Dari 15 liter tersebut, tuturnya, menjangkau luasan areal semprot 1 Hektare. Dengan demikian, untuk di Jalan Pangeran, Polda Riau siapkan 90 liter cairan disinfektan. Jumlah yang sama juga di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Selain drone, Polda Riau juga mengerahkan 1.200 personel lengkap dengan peralatan sesuai protokol penanganan Virus Corona.

"Cairan disinfektan kita gunakan ini berbahan dasar air, aman bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Cairan ini larut atau hancur sebagai penghancur lemak. Jika menempel di peralatan rumah tangga, bisa dilap, hancur virusnya," kata Kasubbid Dokpol Polda Riau, AKBP drg Agung H. Wijanarko, Sp.BM.

Ia menjelaskan, cairan disinfektan dibuat oleh Biddokes Polda Riau terdiri dari Hydrogen Peroksida, Natrium Hipoklorit, dan air.

"Alhamdulillah, antusias warga ini bentuk keyakinan kita, jika bersama-sama, kita mampu memutus penyebaran Covid-19, dan jadi pemenang. Kami mengucapkan terima kasih kepada Polda Riau karena rumah warga disemprot dengan cairan disinfektan," kata Ketua RT/RW 003/006, Tanah Datar, Pekanbaru Kota, Syafir.

Selain Pekanbaru, penyemprotan disinfektan menggunakan drone juga dilakukan di Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Kampar. Dimana Menyasar pusat keramaian, dan pelabuhan penyeberangan. Sedangkan di Kampar dan Siak perkampungan warga.***(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang