Selasa, 24 Maret 2020 19:29

Tim Gugus Covid-19 Perbatasan Mulai Aktif,
Orang Masuk ke Rohul Wajib Diperiksa Suhu Badan dan Kenakan Masker

Tim Gugus Covid-19 perbatasan mulai diaktifkan. Bagi orang masuk ke Kabupaten Rohul wajib diperiksa suhu tubuhnya dan memakai masker.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di daerah perbatasan mulai diaktifkan. Hal ini dilakukan menindaklanjuti arahan dan imbauan Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar M.Si melalui vidcon, Senin (23/3/2020) lalu.

Tim Gugus Covid-19 Rokan Hulu mulai aktif juga setelah keluarnya instruksi Bupati Rokan Hulu H Sukiman, dan telah disepakati untuk melaksanakan aksi dan langkah nyata kepada masyarakat.

Sebelumnya, masih berdasarkan hasil keputusan rapat antara Sekretaris Daerah Rokan Hulu Drs H Abdul Haris M.Si, Kapolres serta OPD terkait virus corona atau Covid-19, serta upaya menindaklanjuti imbauan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemkab Rokan Hulu telah disepakati akan melaksanakan beberapa aksi nyata kepada masyarakat, seperti pemberitahuan melalui para para Camat dan Upika.

Selain itu melibatkan Kepala Desa, para ulama, tokoh adat dan elemen masyarakat hingga tingkat RW dan RT. Posko di dua daerah perbatasan juga diaktifkan, seperti di perbatasan antara Kabupaten Rokan Hulu dengan Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan Posko Simpang Tri Brata Kecamatan Tandun.

Bupati Rokan Hulu Sukiman, pada Selasa (25/3/2020), juga meninjau Tim gugus Covid-19 yang telah bertugas membagikan masker dan pengecekan suhu tubuh ke setiap orang yang masuk ke Kabupaten Rokan Hulu, baik yang masuk dari Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, maupun dari Kota Pekanbaru.

Bupati Sukiman bersama Ketua PMI Rokan Hulu juga Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati dan rombongan turut serta membagikan masker ke pengendara mobil dan sepeda motor yang melintas.

"Alhamdulillah semua (orang) yang masuk terdeteksi normal. Kita berharap di daerah kita (Rokan Hulu) tidak akan pernah masuk virus yang meresahkan ini (Covid-19)," harapan Bupati Rokan Hulu Sukiman, masih didampingi Sekda Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris. Pemkab Rokan Hulu dan PMI Rokan Hulu, sambung Bupati Sukiman, sudah mempersiapkan stok masker sebanyak 10 ribu kotak yang dipesan langsung dari salah satu pabrik di Kota Surabaya. Masker tersebut rencananya akan dibagikan ke masyarakat yang masuk ke daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

"Semua dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan Pemkab Rohul terhadap penanganan wabah Covid-19. Pemerikaaan bukan berarti melarang warga dari daerah lain masuk ke Rohul, namun itu salah satu usaha memutus rantai penyebaran Corona dan kewaspadaan pemerintah menjaga agar tidak masuknya virus di Rohul," ungkap Bupati Sukiman.

Terlepas itu, di posko perbatasan sudah terlihat petugas dari PMI Rohul, personel TNI dan polisi, serta Dokter yang siaga mengecek setiap warga ataupun masyarakat yang masuk ke Rokan Hulu, terutama yang melintasi daerah perbatasan.

Pada pengecekan dan pemeriksaan tersebut, masyarakat diperiksa suhu tubuhnya. Bagi masyarakat yang tidak memakai atau tidak punya masker akan diberikan masker oleh petugas.

Selain itu, Pemkab Rokan Hulu juga rutin melakukan pengumuman melalui mobil dan sepeda motor dengan pengeras suara ke masyarakat sejak 23 Maret 2020 yang dilakukan oleh aparatur Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, serta personel TNI dan polisi.

Tidak ketinggalan, petugas kesehatan dari Puskesmas yang ada di setiap kecamatan juga keliling kampung maupun ke tempat-tempat keramaian dan pasar yang ada di daerahnya untuk mengimbau masyarakat menjaga pola hidup bersih, dan membiasakan mencuci tangan setelah baru beraktivitas.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rohul H Sukiman, Ketua PMI Rohul Peni Herawati, Sekda Rohul Abdul Haris, sedang meninjau Tim gugus Covid-19 di perbatasan yang sudah diaktifkan memantau orang yang masuk ke Rohul dengan melakukan pemeriksaan suhu badan dan membagikan masker gratis.



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang